Ilustrasi foto pahlawan dan pemimpin di Aceh. (Foto: http://cekricekpmg.blogspot.co.id).
Tabayuna.com – Selain punya puluhan wali, Nanggroe Aceh Darussalam juga memiliki daftar nama-nama pahlawan perempuan dan laki-laki di Aceh yang sangat dikenal dan dihormati oleh penduduk setempat. Mereka menjadi rujukan sejarah dan juga menjadi objek penelitian bagi ilmuwan sejarah maupun sejarawan asal Aceh dan dari berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Daftar Tokoh dari Aceh Lintas Profesi Paling Lengkap Terbaru

Aceh memang salah satu daerah yang unik di Nusantara ini. Sebab, masyarakat atau bangsa Aceh, dalam setting sejarah merupakan bangsa yang gigih dalam mempertahankan kemerdekaannya. Kegigihan perang bangsa Aceh dalam konteks sejarah, memang dapat dilihat dan dibuktikan oleh sejumlah pahlawan (baik pria maupun wanita), serta bukti-bukti lainnya (empat jenderal Belanda tewas dalam perang Aceh, serta kuburan Kerkoff Peucut yang pernah mencatat rekor sebagai kuburan Belanda terluas di luar Negeri Belanda).

Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya, juga utamanya bangsa Indonesia yang memiliki puluhan pahlawan. Nama-nama pahlawan Aceh, ada pula yang termasuk kalangan santri yang masuk daftar wali di Aceh yang wajib menjadi rujukan berziarah dan bertawasul.

Baca juga: Daftar Wali Di Aceh Yang Wajib Jadi Wisata Religi

Berikut nama-nama Pahlawan Perempuan di Aceh
Cut Nyak Dhien
Cut Nyak Meutia
Laksamana Malahayati
Pocut Baren
Teungku Fakinah


Nama-nama Pahlawan Pria/Laki-laki di Aceh
Sultan Iskandar Muda
Teungku Chik Di Tiro
Teuku Umar
Panglima Polem
Teuku Nyak Arif
Mr. Teuku Muhammad Hasan


Provinsi Aceh memang unik. Tak heran, banyak peneliti dan media menggali informasi dan meneliti tentang dinamika Aceh Merdeka, sejarah Aceh, bendera Aceh, kebudayaan Aceh, juga Aceh dan tempat wisatanya, Museum Tsunami Aceh, pahlawan wanita Aceh, tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang Aceh, biografi pahlawan Aceh, gambar pahlawan dari Aceh, sebutan apakah untuk nama-nama pahlawan yang berasal dari Aceh, bahkan pahlawan dari tanah Batak dan juga pelabuhan faktor kerajaan Aceh dan lain sebagainya.

Jika Anda menemukan dan mendapati nama-nama pahlawan baik perempuan atau laki-laki di Aceh, silakan bisa dikirim ke redaksitabayun@gmail.com untuk penyempurnaan penelitian dan pendataan pahlawan di Aceh. (TB8).

Bagikan :

Tambahkan Komentar