Jakarta, TABAYUNA.com - Jamaah Hafadzah Al-Quran (JHQ) merupakan aliansi Mahasiswa Penghafal al-Quran yang berasal dari Jawa Tengah di Jakarta. Organisasi ini mengusung fungsi sebagai wadah kekeluargaan khususnya sebagai media dakwah serta untuk memasyarakatkan al-Quran dengan mengaktualisasikan nilai kandungannya. Atas dasar itulah kemudian pada tanggal 24 November tahun 1984 JHQ didirikan oleh para mahasiswa Huffadz di Jakarta.

Organisasi ini juga dibentuk dengan asas pancasila, dan tetap independen di bawah payung kekeluargaan dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas anggotanya dalam hafalan, pemahaman dan pengaplikasian al-Quran. Itu yang dicerminkan dalam tujuan dan usaha JHQ.


Dalam Musyawarah Tahunan yang berlangsung selama dua hari di Srengseng Sawah Jaksel kemarin (13-14/10), Nur Agini Apriani terpilih sebagai Ketua Umum untuk periode 2017-2018. Agni berhasil mengalahkan dua kandidat lainnya dengan hasil suara 45%. Sedangkan dua lainnya masing-masing mendapatkan suara 35% dan 20% suara dari jumlah anggota hadir yang memiliki hak pilih.

Dari hasil pemilihan itulah yang mengantarkan Agni berrhasil jabat sebagai Ketua Umum, dan ia sekaligus tercatat sebagai perempuan pertama kali yang menduduki kursi Ketua JHQ. Meskipun demikian, bagi Perempuan asal Pemalang itu tidak menyurutkan tekatnya untuk mampu mengantarkan organisasi ini dapat lebih mengayomi dan membawa para anggotanya menjadi lebih kompeten dan kontributif baik di bidang hafal al-Quran maupun bidang akademik lainnya. Sebab memang dituntut untuk hidup dalam dua dunia. Yaitu dunia hafalan al-Quran dan dunia akademik yang semakin ketat perasaingannya.

“Saya mengusung visi untuk mengembangkan JHQ lebih aktif dan koorporatif dengan menyatukan, musyawarah dan menjalin silaturahim baik antara sesama anggota atau pun masyarakat lain. Namun yang terpenting masuk sebagai missi saya bisa menjalankan amanah dari para anggota dan para senior,” tegas dia.

Perlu diketahui Agni yang memiliki nama lengkap Nur Agni Apriani itu lahir di Pemalang 20 April 1997. Dia tercarat sebagai alumi Pondok Pesantren Salafiyyah Kauman Pemalang dan Ponpes Tahfidzul Quran al-Islah. Dan saat ini ia sebagai Mahasiswi aktif di Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta. (TB44/Afa).
Bagikan :

Tambahkan Komentar