Biodata Buku:
Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd
Jumlah Halaman Buku : 183 hlm.
Tahun Terbit : September 2004
Peresensi: Arif Wahyudi, Mahasiswa Prodi AS STAINU Temanggung


Isi Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, dimana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu praktek di dalam hidup, sama seperti kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Disamping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam kontek yang lebih luas lagi. Pertama adalah praktek pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.

Keunggulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Buku ini memiliki keunggulan yaitu mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.

Kelemahan Buku Pengantar Filsafar Pendidikan
Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula yang menyebabkan penyampaian yang disampaikan buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

Simpulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Buku ini bisa jadi rekomendasi sebab di dalam buku ini terdapat ilmu pendidikan, pendekatan ilmu filosofis, dan tidak hanya teori pendidikan saja yang dibahas akan tetapi dengan praktik pendidikannya untuk membangun sumber daya manusia dan juga memberikan pengalaman yang luas, sebab pendidikan berkaitan erat dengan seluruh aspek dalam kehidupan baik itu pengalaman atau pemikirannya. Di dalam ilmu pendidikan butuh kajian filosofis sebab kajian seperti ini akan melihat pendidikan dalam kenyataan yang berkesinambungan.

Pengkajian pilosofis megengenai pendidikan bisa membantu memberi informasi mengenai hakikat dari manusia yang secara horizontal berkaitan dengan hubungan antar manusia dan alam semesta. Pengkajian filosofis bisa juga memberi informasi yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan jufa sumber dari pengetahuan. Hal ini bisa membantu di dalam menentukan tujuan dari akhir pendidikan itu sendiri.(tb55).
Bagikan :

Tambahkan Komentar