Oleh: Ahmad Nugroho
Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STAINU Temanggung

Judul Buku: Sejarah Perekonomian Indonesia
Penulis: R.Z. Leirissa, G.A. Ohorella dan Yudha B. Tangkilisan
Penerbit: Penerbit Ombak
Tahun Terbit : 2012
Resensi ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia yang diampu Hamidulloh Ibda, M.Pd

Sinopsis Buku Sejarah Perekonomian Indonesia
Buku ini terdiri dari beberapa bab. Kita akan mengupas satu-persatu untuk masing-masing babnya. Berikut ini penjelasannya :

Bab I Nusantara Pra Emporium
Pada masa ini kehidupan perekonomian belum terlalu terlihat. Namun dengan adanya bukti penemuan alat-alat dan perhiasan-perhiasan dapat disimpulkan bahwa cara hidup manusia terus mengalami perubahan dan peningkatan yang tentu sangat erat kaitannya dengan perkembangan perekonomian. Oleh Prof. Koentjaraningrat, ada tiga bentuk masa pencaharian yaitu berburu, maramu, mencari ikan dan bercocok tanam yang lebih awal dikenal dengan sebutan “ekonomi pengumpulan pangan” atau “food gathering economics”.

Pada masa ini juga dikenal sistem pertanian tradisional dan perdagangan di sriwijaya dan majapahit.

Bab II Nusantara Dalam Kurun Niaga
Pada kurun waktu ini, Indonesia mengalami berbagai macam rintangan terutama dari bangsa penjajah. Sebab pada masa itu terdapat kongsi dagang (VOC) yang sangat mendominasi perekonomian Indonesia. Mereka cennderung membuat kebijakan yang hanya menguntungkan bagi VOC, dan membuat bangsa Indonesia menderita dengan kebijakan yang dibuatnya.

Bab III Cengkeraman Kolonialisme
Kolonialisme pada masa itu semakin merajalela. Berbagai kebijakan-kebijakan bangsa kolonial yang membuat rakyat Indonesia semakin menderita yaitu sistem tanam paksa. Adapun perkebunan swasta yang tumbuh berkembang pesat pada masa itu. Pertambangan juga perekebunan rakyat juga ikut ambil bagian dalam masa ini.

Bab IV Menuju Kemakmuran
Sejarah ekonomi Indonesia belum sampai pada saat yang membahagiakan. Berbagai rintangan dan hambatan masih saja mengintai Negara ini. Langkah yang ditempuh pemerintah dalam mengatasi adanya sejumlah masalah yaitu dengan mencanangkan sejumlah program dan kebijakan ekonomi. pemerintah berusaha untuk membuat kebijakan yang akan membawa perkembangan untuk bangsa Indonesia. Kebijakan yang akan membawa bangsa ini menuju bangsa yang makmur.
Perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan selama rentang waktu 25 tahun. Kemajuan yang diperoleh pada 25 tahun pertama rencana pembangunan ekonomi merupakan dasar kokoh untuk memasuki tahap selanjutnya. Tahap menuju kemakmuran dan kesejahteraan yang dapat diperoleh bangsa Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan     : Pembaca dapat mengetahui sejarah kronologis perekonomian di Indonesia. Dapat juga menambah wawasan tentang perekonomian Indonesia. Bagi orang yang belum pernah membaca buku tentang sejarah perekonomian Indonesia maka akan sangat membantu dalam mempelajarinya.

Kelemahan   : Dalam buku ini masih terdapat beberapa kata yang masih belum bisa dipahami dan gambar ilustrasi yang ditampilkan tidak jelas juga terlalu banyak deskripsi yang dapat membuat pembaca bosan dan tidak menarik lagi. Terlebih lagi cover yang digunakan kurang dapat menarik minat pembaca.
Bagikan :

Tambahkan Komentar