Pati, TABAYUNA.com - Sebanyak 9 grup adu cerdas dalam debat dengan melontarkan berbagai argumen dan validitas sebuah data pada masing-masing lawan, Ahad (29/04/2018).

Baca: Adu Kecerdasan dalam Lomba Pidato Bahasa Inggris MA Manahijul Huda Ngagel 

Kecerdasan dalam debat sangat diperlukan sekali untuk beragumen dan menyanggah pendapat dari lawan. "Tidak hanya berbicara yang berlandasan opini saja, tetapi juga berdasarkan fakta dan validitas sebuah data.", tutur Barorotul Ulfah Arofah, S. Pd. I selaku dewan juri.

Bahtiar Hamdi, salah satu peserta lomba debat mengatakan bahwa kecerdasan beragumen perlu sekali. "kalau kita tidak mempunyai kecerdasan dalam menyanggah pendapat lawan dengan cepat, pasti kita akan kalah dari awal",terangnya.

Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk menyampaikan argumen dan menyanggah argumen dari lawan, merupakan sistem yang digunakan dalam kompetisi debat.

Debat ini berjalan dengan seru di Aula Ma Manahijul Huda Ngagel, yang berlangsung selama 3 babak. Antara lain, penyisihan, semi final, dan final. Kelompok berhasil lolos dalam final adalah, X-IIK, X-MIA, X-IIS, XII-IIK, XII-IPA, XII-IPS. Pengumuman pemenang akan di umumkan di Bumi Perkemahan Wirakarya. (tb55/Vita Venelope Ima).
Bagikan :

Tambahkan Komentar