TABAYUNA.com - Bupati Tegal yang juga dalang legendaris Ki Enthus Susmono meninggal dunia pada Senin malam (14/5/2018) pukul 19.10 WIB.

Informasi yang diterima Tabayuna.com, Bupati Enthus meninggal di rumah sakit. "Innalillahi. Telah meninggal dunia Bupati Tegal Bapak H. Enthus Susmono pada hari ini Senin 14 Mei 2018 pukul 19.10 WIB dalam usia 52 tahun di RS. Seoselo Slawi," tulis Pjs Bupati Tegal Sinung N Rachmadi dalam siaran persnya.

Bupati Enthus merupakan bupati yang juga budayawan, dalang dan seniman kondang yang dimiliki warga Tegal. Ia llahir di Kabupaten Tegal pada tanggal 21 Juni 1966.

Karirnya dalam dunia politik, tercatat yaitu pada tanggal 8 Januari 2014. Sebab, kala itu Ki Enthus ini dilantik sebagai Bupati Tegal oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk periode 2014-2019.

Banyak sekali jasa-jasanya dalam dunia budaya khususnya pewayangan. Lantaran ketokohannya di dunia pedalangan tersebutlah, yang menyebabkan ia pada pada tahun 2005 diberi gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, Amerika Serikat dan Laguna College of Business and Arts, Calamba, Filipina  yang juga pada tahun 2005.

Tak hanya itu, Ki Enthus ini juga menerima berbagai penghargaan, ratusan karyanya juga tersimpan dalam museum antara lain di Belanda, Jerman, dan New Mexico. Namun, karena kini Tuhan memanggilnya, namanya akan menjadi kenangan, dan profil Ki Enthus Susmono akan selalu dicatat dalam sejarah.

Insyaallah akan dimakamkan besok, Selasa (15/5/2018) siang. "Info lanjut menunggu keluarga," lanjut dia.

Bagikan :

Tambahkan Komentar