Ilustrasi

Oleh Anindita Regina Puti


Assalamua’alaikum Wr. Wb.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiratnya Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul ditempat yang indah ini.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad Saw.
Demikian.

Kepada para tamu undangan yang saya hormati , Ibu kepala sekolah SMAN 2 parakan, guru-guru dan anak- anak yang saya cintai..

Indonesia jumlah pengguna narkoba sangat lah besar. Disebabkan lemahnya penegakan hukum. Para pengedar dari luar negri dapat berkolaborasi dengan warga Negara Indonesia dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan Zat aditif lainnya itu tentu membawa pengaruh yang luas dan menyeluruh. Sebagai imbasnya antara lain gangguan kesehatan,perubahan perilaku,menurunnya produktivitas kerja secara drastis,tindak kekerasan,kriminalitas yang meningkat dan lainnya.

Penyalah gunaan narkoba dapat dihindari lewat program – program yang baik. Antara lain mengikuti agenda – agenda sosial,tidak bergaul dengan pengguna,tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan teman untuk Narkoba. Dan yang miris adalah pengguna Narkoba lebih di dominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Sekolah juga harus memberikan penyuluhan kepada para murid mengenai bahaya dan dampak dari pemakaian Narkoba. 

Penyeluhan tersebut bisa melalui Guru BP dan diadakannya diskusi yang menyertakan para siswa dalam perencanaan untuk mencegah masuknya Narkoba disekolah tentu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Program lain yang cukup penting dilakukan yaitu program waspada Narkotika dengan cara mengindetifikasi cirri – cirri siswa yang mengkonsumsi Narkoba,mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal dan mengadakan razia dadakan. Seringkali pengedar maupun pengguna disekolah sudah paham betul mengenai program –program di yang ada di sekolah untuk mencegah Narkoba masuk ke sekolah, mereka tentu saja mengatasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Tentunya cara – cara yang kita pakai bisa member manfaat kepada siswa,meningkatkan kualitas karakternya dan yang paling penting para siswa bisa nyaman untuk terus belajar.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata,saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Penulis Mahasiswi Prodi PIAUD STAINU Temanggung
Bagikan :

Tambahkan Komentar