Ilustrasi (dok- seword.com).

Oleh Jumilah

Naskah pidato
Sikap Masyarakat Terhadap Penjajah Zaman Old Vs Penjajah Zaman Now

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Hadirin yang berbahagia, sebagaimana yang kita ketahiu lebih dari 300 tahun  Indonesia di jajah oleh Bangsa  asing , banyak kaum tertindas pada masa itu. Anak-anak dan kaum wanita disembunyikan demi keamanan dan keselamatan.

Sikap masyarakat terhadap penjajah jaman old
Warga berusaha sekuat  tenaga  untuk memerangi  penjajah
Wanita dan anak-anak dijauhkan dari penjajah

Saat  ini kita merasa sudah merdeka ,sehingga pola pikir masyarakat yang instan cenderung menjadi pengguna alat teknologi  bangsa asing. Tanpa beban kita mengkonsumsinya setiap hari dan membuat kita lalai bahwa teknologi yang selama ini memudahkan kita  , tanpa sadar teknologi itu pula yang merusak Generasi kita . Ini yang saya maksud dengan” penjajah jaman now ” seperti TV,Hand phon, dan  Gadget dsb.

Sikap masyarakat terhadap penjajah jaman now
Masyarakat berusaha  dengan segala cara untuk mendatangkanya
Dengan segala cara masyarakat ingin memiliki yang namanya TV dan Handphon hampir tiap rumah memiliki TV bahkan lebih dari satu,Hampir semua orang memiliki Handphon bahkan satu orang memiliki lebih dari satu dengan alasan –alasan mereka.

Wanita dan anak-anak sasaran utama
Bagi wanita dan anak-anak TV dan Handphon adalah hiburan yang menarik dan melalaikan. Dan banyak orang tua berpikir yang penting anak “nyilek” tanpa mereka pertimbangkan akibat buruk dari pengaruh TV dan Handphone.

Hampir tiap rumah merawat penjajah jaman now
Karena tidak mau dibilang ketinggalan jaman masyarakat berlomba untuk memiliki TV dan Gadget. Sering terjadi ibu dan anak rebutan nonyon TV ,karena mereka berduit sang ayah membeli lagi supaya tidak rebutan antara ibu dan anak. Hingga tidak lagi ada kontrol ketika anak nonton TV.

Hadirin yang saya hormati, dengan adanya teknologi yang canggih di zaman ini ,kita harus menjadi masyarakat yang bijak dalam memilih dan  menyikapi teknologi, mana yang bermanfaat dan mana yang bermaksiat. Demikian yang dapat saya sampaikan apabila ada kekuranganya saya minta maaf . dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
 
Penulis, Mahasiswi Prodi PIAUD STAINU Temanggung
Ditulis untuk memenuhi mata kuliah Bahasa Indonesia Lanjutan
Bagikan :

Tambahkan Komentar