Inestable, sebuah novel fiksi yang menceritakan perjalanan cinta dua sejoli Nakula & Aluna yang menjalani LDR selama 3 bulan dan kemudian di pertemukan kembali di sebuah SMA favorit di Bandung. Hubungan mereka kembali indah dan harmonis. Namun karena sifat Nakula yang makin tidak menyenangkan membuat hubungan keduanya retak, ditambah dengan kehadiran sosok Aurel, cewek Amerika yang tiba-tiba masuk ke kehidupan Nakula membuat suasana hati Aluna berubah.

Nakula merupakan anak kembar dari Aisyah dan Manuel. Saudara kembarnya bernama Sadewa. Nama keduanya sebenarnya bukan Nakula dan Sadewa melainkan Benua dan Samudera, namun karena adanya peristiwa menyedihkan yang menimpa keluarga mereka, membuat Aisyah mengubah nama keduanya.

Setelah retaknya hubungan mereka berdua, Aluna maupun Nakula  menjalani kehidupan seperti biasa. Namun sikap Nakula kepada Aluna yang sudah berubah dan cenderung tidak peduli membuat Aluna makin sakit, karena tak bisa dipungkiri bahwa rasa sayang Aluna untuk dirinya masih sama seperti semula, hanya status saja yang membuat mereka harus menyembunyikan rasa tersebut

Namun siapa sangka, Nakula justeru menyuruh Arjuna, orang yang selalu membuatnya cemburu setiap kali melihatnya berdua bersama Aluna untuk menggantikan posisinya yaitu membujuknya untuk mendekati Aluna dan menjaganya. Hal tersebut bukan membuat Aluna senang melainkan sebaliknya, Aluna makin jengkel dan marah kepada Nakula dan kesal juga terhadap Arjuna karena dia mau menuruti perkataan Nakula.

Setelah lama Aluna berusaha untuk move on, ternyata usahanya sia-sia. Ia tetap saja tidak dapat membohongi perasaannya terhadap Nakula. Akhirnya ia pun mencari tahu mengenai segala hal yang telah ditutupi Nakula saat ini terhadap dirinya. Dengan bantuan para sahabatnya akhirnya Aluna tahu yang sebenarnya. Sosok Aurel yang membuatnya bertanya-tanya selama ini ternyata mantan Nakula, ia mengetahuinya dari Bella yang juga mantan Nakula.

Selain itu, ia juga tahu kalau Aurel merupakan adik tiri dari Nakula saat ia mengunjungi rumah Nakula terakhir kalinya sebelum akhirnya Nakula pergi ke Seville karena permintaan ayahnya yang kondisinya sudah makin kritis. Aluna hanya dititipi pesan yang terangkai apik pada sebuah binder hitam yang ia dapat dari tangan Aurel . Betapa tergoresnya hati Aluna saat ia tahu semuanya tapi ia justeru ditinggal pergi oleh Nakula.

Delapan belas bulan setelah kepergian Nakula ke Seville Aluna mencoba tegar menjalani hari-harinya dengan cara menjadi panitia MOS di sekolahnya. Pada saat itu juga Aluna teringat masa pertemuan pertamanya dengan Nakula saat ia diberi balon olehnya. Ditempat yang sama Aluna duduk manis sembari merangkai kata-kata indah pada binder hitam yang tak lain adalah pemberian mantan kekasihnya, Nakula.

Bagian Yang Menarik
Sebuah kejujuran memiliki tingkat keberhargaan yang sangat tinggi. Meskipun, beberapa tidak bisa menerima, tetapi itulah kenyataan yang harus seseorang ketahui  (Ines, hal. 281)

Kalo kita enggak belajar dari kenangan pahit, kita enggak bakal kuat jalanin hidup ini. Karena, hidup enggak bisa terus terpaku pada sesuatu yang manis. Pahit sama manis harus seimbang (Ines, hal. 284)

Hidup bukan hanya tentang dia yang mengisi hati. Tapi juga tentang mereka yang mengisi hari. Bukan hanya tentang seseorang yang melukai hati, tapi juga tentang mereka yang selalu ada menemani diri (Ines, hal. 289-290)

Terkadang kita harus membiarkan seseorang untuk menjadi rapuh pada waktunya agar setelahnya dia bisa menjadi seseorang yang lebih kuat dari sebelumnya (Ines, hal. 314)

Kebahagiaan itu bukan dibuat, tapi disyukuri, nikmati, dan jalani (Ines, hal. 257)

Kadang, ada hal baik yang kelihatan salah di mata kita, itu karena mata menangkap apa yang kita lihat dan menciptakan apa yang ingin kita rasakan dari apa yang kita lihat. Padahal sebenernya hati kita memiliki matanya sendiri buat lihat lebih jelas apa yang terjadi (Ines, hal. 139)

Keunggulan
Buku ini memberikan pengajaran tentang pentingnya sebuah kejujuran dalam menjalani sebuah hubungan percintaan.
Cover yang begitu menarik dengan sederhananya mampu memikat daya tarik orang yang melihat buku ini
Pemberian ilustrasi di sela-sela halaman membuat buku ini semakin menarik
Isi novel kebanyakan adalah cerita tentang percakapan, sehingga memudahkan pembaca yang tidak terlalu menyukai permainan kata yang terkesan berbelit-belit
Buku ini memuat tulisan yang dikemas dengan bahasa yang ringan, sehingga mudah dimengerti oleh pembaca

Kekurangan
Melihat dari isi buku ini, kalangan pembaca yang dianjurkan adalah remaja dan diatasnya. Karena jika untuk anak-anak imajinasinya belum sampai untuk membaca novel seperti ini.
Latar ceritanya terkesan monoton dan biasa saja
Hanya cocok sebagai buku bacaan bergenre fiksi-romantis.
Terlalu banyak istilah asing dalam buku ini yang sulit dimengerti pembaca
Menyajikan kisah cinta dan persahabatan yang memang sangat umum, sehingga alurnya mudah ditebak

Manfaat
Memberikan pengajaran secara moral terkait cinta, persahabatan, serta hubungan keluarga.
Meningkatkan kemampuan mengolah emosi
Dapat mengurangi situasi kebosanan
Membangun lebih banyak bahasa (kosakata)
Mampu mengenali diri sendiri dan orang lain
Melatih konsentrasi berpikir

Simpulan
Menurut saya, buku ini layak untuk dibaca, terutama untuk kalangan remaja yang senang membaca fiksi. Karena selain covernya yang menarik, isi cerita dalam buku ini juga benar-benar membuat siapapun ingin membacanya. Sosok dua sejoli yang karakternya sangat kuat itu membuat pembaca ingin selalu jatuh cinta sekaligus benci berkali-kali. Selain itu, banyak juga nilai moral yang dapat diambil dari buku ini. Harapan untuk penulis, semoga segera meluncurkan kelanjutan dari cerita ini, karena akhir ceritanya masih menggantung dan membuat penasaran pembaca.

Identitas Buku:

Judul Buku: INESTABLE
Penulis   : Eko Ivano Winata
Penerbit : Pastel Books
Tahun terbit  : 2018
Tebal : 319 halaman
Harga Buka : Rp.65.000,-
Perensi: Asfiri Amanah
Bagikan :

Tambahkan Komentar