Judul: Aku Ingin (Antologi Puisi Pelajar Kelas XII SMA N 1 Ampel)
ISBN: 978-602-50213-6-7
Cetakan: I, 2018
Tebal: 21 x 14 cm,  x + 31  Halaman
Penulis: Anggi Pupistaningrum, dkk
Penyunting: Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah, M. Pd
Desain Sampul: Edy Erlambang
Diterbitkan: CV. Kataba Group
Alamat: Plukaran, Rt 01 RW 03 Gembong, Pati (59162)
Telp: 085 626 747 99
Website: katabagroup.com
Facebook: Kataba
Website : katabagroup.com
Harga: Rp. 30.000 (belum termasuk ongkir)


Buku Antologi Puisi “Aku Ingin”  ini terdiri atas 30 karya puisi dari perwakilan kelas XII SMA N 1 Ampel. Pengenalan puisi serta pembiasaan untuk menulis puisi merupakan bagian dari program pemerintah yang disebut dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Menurut Permendikbud No. 23 Tahun 2015, Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan budaya menulis peserta didik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Dalam gerakan ini peserta didik dapat dikenalkan dan dibiasakan untuk menulis puisi.

Siswa SMA/SMK di Indonesia menjadi target utama GLS karena mereka berkemungkinan memiliki potensi dan kemampuan yang luar biasa untuk bersaing dengan siswa dari sekolah lain bahkan dari negara lain.

Gerakan Literasi Sekolah, khususnya di SMAN N 1 Ampel melalui literasi menulis puisi ini sekolah dapat menghasilkan karya-karya puisi peserta didik yang dapat dikumpulkan dalam satu buku kumpulan puisi atau menampilkan puisi-puisi tersebut dalam majalah dinding sekolah.  Peserta didik dapat merasakan manfaat yang lebih besar lagi dengan adanya GLS di sekolah ini. Melalui kegiatan tim PkM ini, budaya literasi menulis puisi di SMA N 1 Ampel dapat terbentuk dikalangan peserta didik karena mereka sudah mengetahui jenis-jenis puisi dan teknik penulisan puisi sehingga dapat menyalurkan ide dan perasaan melalui puisi. Mereka juga akan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia melalui penulisan puisi.

Oleh karena itu kami dari Tim PKM dosen PGSD Universitas Ngudi Waluyo mengumpulkan karya-karya puisi dalam satu buku ini, yang kami beri judul buku Antologi Puisi “Aku Ingin” yang merupakan kumpulan keinginan-keinginan atau citas-cita dari kelas XII SMAN 1 Ampel. Kelas XII merupakan kelas dimana sebentar lagi mereka akan melanjutjan kependidikan selanjutnya atau bahkan memutuskan untuk bekerja. Kami tim PkM  memalui buku ini mendokumentasikan keinganan-keinginan mereka atau cita-cita mereka.

Buku Antologi puisi “Aku Ingin” ini merupakan buku pertama yang kami terbitkan. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.  Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan khusunya pemberdayakan budaya literasi dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045). 

Bagikan :

Tambahkan Komentar