Jakarta, TABAYUNA.com – Bertepatan pada Hari Komunitas Nasional, Blibli.com, e-commerce yang memberikan solusi gaya hidup masyarakat modern, meluncurkan  terbentuknya komunitas Sahabat Ibu Pintar yang merangkul seluruh ibu di Indonesia. Komunitas Sahabat Ibu Pintar ini diharapkan hadir sebagai solusi bagi para ibu dan calon ibu di seluruh Indonesia dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan mereka di era digitalyang tidak dapat dihindari lagi.

I Gusti Ayu Fadjar, selaku Senior Vice President Marketing Blibli.com, mengungkapkan bahwa, “Blibli.com memahami pentingnya peran komunitas yang tepat bagi para Ibu. Menyikapi itu, kami meluncurkan Sahabat Ibu Pintar yang merupakan komunitas perempuan khususnya bagi para ibu yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, senang berkolaborasi dan berbagi informasi akan solusi pintar dalam  parenting dan gaya hidup modern, dan percaya bahwa informasi yang diberikan tidak hanya berdasarkan opini, namun ada landasan fakta maupun data yang diperkuat dari ahli dan sumber yang bisa dipertanggungjawabkan. Karakteristik komunitas Sahabat Ibu Pintar inilah membedakan dengan komunitas yang lain.” pungkasnya.

Nadya Pramesrani, M.Psi., Psi, psikolog keluarga dan pernikahan dari Rumah Dandelion menambahkan, “Manusia sebagai makhluk sosial secara alami pasti akan berkelompok atas dasar kedekatan secara fisik (proximity) maupun kesamaan (similarity). Interaksi yang terjadi dalam kelompok tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar seseorang dalam mengatasi permasalahan sehari-hari. Namun karena dasarnya adalah pengalaman individu, belum tentu apa yang berhasil diterapkan oleh satu orang, berhasil juga diterapkan orang lain,” kata Nadya. Oleh karena itu, menurut Nadya, di era digital perlu pintar dalam memilih komunitas agar informasi yang diterima bukan sekadar dari opini dan pengalaman ibu-ibu lain. Tapi juga solusi yang didasari penelitian dari ahlinya.”

Lebih lanjut, Kamidia Radisti seorang ibu yang dikenal sebagai presenter dan juga penggiat olahraga menyambut positif terbentuknya komunitas Sahabat Ibu Pintar. “Akhirnya kini hadir komunitas yang sesuai dengan kebutuhan para ibu. Terus terang sebagai ibu, saya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dengan rajin mencari-cari solusi pintar via internet seputar parenting, seperti tips pola asuh, perkembangan psikologi anak dan cara terbaik untuk merawat kesehatan anak.  Namun, kadangkala timbul kekhawatiran apa tips tersebut cocok diterapkan bagi keluarga saya atau bisa dipertanggungjawabkan.”

Pendapat Disti ini senada dengan hasil survei terhadap pelanggan Blibli.com, menyebutkan membaca artikel informasi terkait ibu dan anak di internet menjadi sumber informasi terbesar bagi para Ibu (84,55%), diikuti referensi dari membaca buku parenting (40%), disusul menonton acara TV yang membahas mengenai ibu & anak (35,45%). Namun di sisi lain, hasil survei menyebutkan bahwa berbagi pengalaman dengan para ibu lainnya menjadi ketertarikan utama ikut komunitas (sebanyak 73,64% responden), disusul keinginan memperoleh pendapat dari para ahli (72,73%) dan konten/tips informatif (66,36%).[*]

Hasil survei ini dan keraguan Disti ditanggapi Nadya dengan menyarankan pentingnya bergabung dengan online support system seperti komunitas yang tepat[†]. Dengan bergabung di Komunitas Sahabat Ibu Pintar, para ibu memperoleh one stop solution yaitu anti hoax content dengan menggandeng Rumah Dandelion sebagai mitra ahli. Untuk memenuhi kebutuhan solusi gaya hidup keluarga modern, para ibu pun menjadi orang pertama yang mengetahui update informasi produk terbaru terkait parenting products dan program loyalty yang menguntungkan.

Sebagai anggota dari Komunitas Sahabat Ibu Pintar, Disti berharap bahwa komunitas yang diluncurkan Blibli.com ini dapat menjadi wadah yang tepat untuk berkolaborasi  baik itu online maupun offline serta memperluas networking dengan ibu-ibu pintar seluruh Indonesia.

Untuk bergabung Sahabat Ibu Pintar dapat mendaftar di website  sahabatibupintar.com. Peserta yang bergabung akan diseleksi dan yang terpilih akan diberitahukan melalui email dan social media untuk bisa mendapatkan benefit dan mengikuti rangkaian kegiatan sahabat ibu pintar. “Selain konten informatif yang dihadirkan di platform online, kedepannya Komunitas Sahabat Ibu Pintar akan mengadakan rangkaian aktivasi offline seperti kolaborasi para ibu, kelas edukasi dan workshop, kunjungan bersama ibu pintar, hingga education trip bersama para ibu. Yuk, gabung Sahabat Ibu Pintar untuk berbagi informasi dan inspirasi!” tutup Ayu dengan optimis. (Tb44/hms).
Bagikan :

Tambahkan Komentar