Kapolres Kendal berbincang akrab dengan pengurus Ansor dan Banser Kendal
Kendal, TABAYUNA.com - Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita, SH mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Lebih-lebih perayaannya diadakan dalam momentum tahun politik jelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019.

AKBP Hamka mengatakan, untuk mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pihaknya menjalin kemitraan dengan segenap elemen masyarakat.

"Saya senang di sini ada Banser. Saya percaya, selama Banser bergandengan tangan bersama Polri, situasi masyarakat di sini akan kondusif," kata AKBP Hamka saat ramah tamah dengan puluhan Banser di kediaman Ketua PC GP Ansor Kendal di Desa Laban, Kecamatan Kangkung, baru-baru ini.
Menurut mantan Kapolres Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara ini, kondusivitas di suatu daerah tak lepas dari  peran serta masyarakatnya. Polri dalam hal ini tidak bisa bekerja sendirian tanpa dukungan dari para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan segenap elemen masyarakat.

"Tahun depan kita akan melaksanakan Pemilu serentak. Jangan karena perbedaan pilihan, kita saling mencela. Saya percaya semua agama mengajarkan pemeluknya untuk mengasihi satu sama lain, dan tidak mengajarkan untuk bermusuhan. Mari jaga kerukunan, persatuan dan kesatuan," terangnya.

"Situasi di Kendal yang tenteram dan damai ini juga berkat kedewasaan dari masyarakatnya dalam menerima setiap informasi dan perbedaan. Juga peran para alim ulama yang nasehat-nasehatnya masih didengarkan oleh masyarakat," lanjutnya.

Dua minggu menjabat sebagai Kapolres Kendal, AKBP Hamka menyambangi masyarakat melalui jamaah sholat Jum'at. Minggu pertama di Masjid Agung di Kota Kendal dan minggu ini mengadakan Safari Jum'at di Masjid Al Huda, Desa Laban, Kecamatan Kangkung.

Menanggapi apresiasi terhadap Banser, Ketua PC Ansor Kendal Muhammad Ulil Amri mengatakan, Banser tetap satu komando untuk membela para kiai dan menjaga keutuhan NKRI. Banser, katanya, hadir bukan hanya untuk warga NU, tapi juga mengabdi untuk nusa dan bangsa.

Senada, Kasatkorcab Banser Kendal Amat Robai menambahkan, selama ini Banser berkoordinasi dengan Polri dan TNI dalam setiap kegiatan Kamtibmas. Terkait dengan konsen Polri untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya menyatakan siap mendukung sepenuhnya.

"Kami siap mendukung apa yang menjadi konsen Polri. Bahkan tanpa diminta pun, kami selalu siap menjaga NKRI dan tegas melawan siapapun yang coba-coba mengancam keutuhan bangsa yang sudah susah payah diperjuangkan para pendiri bangsa ini," tegasnya.(tb33). 
Bagikan :

Tambahkan Komentar