Peresensi adalah Mahasiswi Semester 2 PGMI STAINU Temanggung

Pada era revolusi industry 4.0 saat ini. Teknologi informasi berkembang sangat pesat. Salah satu bentuk berkembangnya teknologi adalah internet. Saat ini, internet terlibat hampir diseluruh elemen kehidupan manusia. Yang menjadi sasaran perkembangan teknologi ini adalah seluruh manusia tanpa mengenal gender dan umur. Tak terkecuali anak-anak. Dampak dari anak yang terkena “demam” teknologi ini pun tak bisa dipandang dengan sebelah mata. Ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan, baik dampak positif maupun dampak negative.

Salah satu dampak negative dari Pesatnya perkembangan teknologi  ini adalah perubahan perilaku anak-anak. Saat anak-anak mulai terpapar dengan adanya permainan online atau yang  disebut dengan game online, dampak yang akan ditimbulkan  salah satunya seperti menurunnya semangat belajar anak, waktu dan pola makannya pun juga akan ikut terganggu. (hlm. 10). Game online merupakan jenis permainan berbasis internet sebagai penyedia layanan permainan yang dapat diakses dengan computer maupun hand phone. (hlm 02)

Game online merupakan game (permainan) dimana banyak orang yang dapat bermain pada waktu yang sama dengan melalui jaringan komunikasi online (LAN atau internet). (hlm 03)

Maraknya game online menyebabkan pemain menjadi kecanduan terhadap permainan yang disuguhkan. Pemain akan mengorbankan banyak hal demi memenuhi hasrat bermain game online.

Penelitian yang diklakukan para ahli, menyimpulkan bahwa aktifitas anak yang bermain game online menunjukan bahwa game online ini mempengaruhi aktifitas belajar di sekolah. Karena aktifitas belajar merupakan semua kegiatan yang dilakukan seorang anak dalam konteks belajar untuk mencapai tujuan. Anak harus mempersiapkan proses belajar mengajar secara fisik maupun psikis.  (hlm 04-05)

Faktor penyebab kecanduan game online
Banyak penyebab yang ditimbulkan dari kecanduan game online, salah satunya karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainannya sampai tuntas. Selain itu karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan. (hlm 11-12)

Kriteria kecanduan game online  sebenarnya hampir sama dengan jenis kecanduan yang lain, akan tetapi kecanduan game online dimasukkan kedalam golongan kecanduan secara fisik. (hlm 13)

Solusi mengatasi kecanduan game online
Bersungguh-sungguh (niat)
Langkah yang pertama agar bisa berhenti ialah dengan niat yang kuat. Walaupun dalam menjalaninya sulit. Tapi dengan tekad niat yang kuat. Pasti akan bisa. (hlm 15)
Mempunyai pikiran yang hemat
Mencari aktifitas lain
Membatasi waktu bermain game online
Jangan bergaul dengan para pemain game online
Meminta bantuan orang terdekat (hlm 16-17)

Kelebihan dan Kekurangan
Dalam buku Problematika Anak MI/SD Zaman Now dan Solusinya ini, secara keseluruhan isi didalamnya merupakan persoalan sehari-hari yang banyak kita jumpai pada saat ini dan bagaimana solusi yang coba ditawarkan. Sehingga buku ini layak untuk dibaca oleh semua kalangan dan juga mudah untuk dipahami. Kesan yang di dapat saat melihat buku ini ialah menarik. Dari segi sampul yang di buat dengan desain yang sedemikian rupa menggugah kita untuk membacanya. Selain itu, kertas yang digunakan dalam cetakan buku tersebut juga bagus, enak dipandang dan tidak menganggu penglihatan apabila sedang dibaca. Tekstur kertas yang digunakan pun tampak seperti kertas yang berkualitas. Terlepas dari beberapa poin kelebihan diatas, buku ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Jika kita tinjau dari penulisan kata, dalam tulisan yang diresensi terdapat beberapa kata yang dari bentuk penulisannya salah, dan juga terjadi penulisan yang tidak konsekuen. Bahasa yang digunakan kurang lugas. Dan ada beberapa penggunaan tanda baca yang kurang pas.

Biodata Buku
Judul: Problematika Anak SD/MI dan Solusinya
Nama Penulis: Danik Ermilasari, dkk
Nama Editor: Hamidulloh Ibda, M.Pd.
ISBN : 978-602-50566-5-9
Penerbit: Forum Muda Cendekia (Formaci), Semarang
Tahun terbit: 2019
Cetakan: I (pertama)
Tebal : 21 x 14cm, xvii +396
Bagikan :

Tambahkan Komentar