Oleh : Widyawati
Peresensi adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAINU Temanggung

Narkoba atau napza adalah obat-obatan/bahan/zat yang bukan tergolong sebagai makanan. Jika diminum,dihirup,ditelan,atau disuntikan berpengaruh terutama kepada otak. Narkoba yang ditelan masuk lambung,kemudian ke pembuluh darah, jika dihisap atau dihirup, zat diresap masuk ke dalam pembuluh darah melalui saluran hidung dan paru-paru. Jika zat disuntikan masuk kedalam aliran darah,dan darah membawa zat itu ke otak. Narkoba (narkotik, psikotropika, dan obat terlarang) adalah istilah penegak hukum dan masyarakat. Napza (narkotika, psikotropika, zat adiktif lain)  adalah istilah dalam dunia kedokteran,obat, bahan, atau zat yang tidak diatur dalam undang-undang tetapi menimbulkan ketergantungan dan disalah gunakan.Narkoba berpengaruh pada sebagian otak yang bertanggung jawab atas kehidupan perasaan, yang di sebut system limbus. Hipotalamus pusat-pusat kenikmatan pada otak bagian dari limbus. Mengubah perasa dengan menghasilkan ‘high’ dengan mengubah susunan biokimia molekul  pada sel otak yang disebut neurotransmitter. Pengaruhnya narkoba terhadap perubahan suasana hati dan perilaku,kenikmatan semu,untuk  menggantikan perasaan, kesadaran diri dan waktu yang sebenarnya. Pecandu merasa beroleh kekuasaan atas setiap kesalahannya. (hlm:330-332).

Pola coba-coba karena iseng atau ingin tahu, serta pengaruh tekanan kelompok sebaya sangat besar,yang menawarkan atau membujuk untuk memakai narkoba.Terganggunya fungsi otak dan perkembangan normal remaja, akibat penyalahgunaan narkoba yang berlebihan, bagi diri sendiri sangat fatal yaitu kematian, gangguan perilaku/mental sosial, dan gangguan kesehatan dan kendornya nilai-nilai. Bagi keluarga suasana tentram dan nyaman menjadi terganggu, membuat keluarga resah karena barang-barang di rumah hilang. Di sekolah merusak disiplin dan mengganggu susana belajar di kelas dan prestasi pun menurun. Negara menderita kerugian karena  masyarakatnya yang tidak produktif dan tingkat kejahatan meningkat. Menurut Moran. Lingkungan di pandang sebagai hal yang memberi pengaruh kepada masyarakat, 2. Cara manusia melakukan adaptasi dengan manusia, 3. Lingkungan sebagai faktor pembatas bagi manusia. (hlm:333-335)

Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah dengan cara memberikan penyuluhan informasi bahaya narkoba tanpa memperhatikan faktor lingkungan,mencegah sebelum pemakaian agar tidak menjadi ketergantungan , pendidikan pencegahan di sekolah sangat penting untuk meningkatkan sikap dan perilaku positif yang dapat mencegah penyalahgunaan narkoba mulai dari anak MI/SD, orang tua memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anaknya tidak boleh dibeda-bedakan, pendidikan agama sangat penting agar terhindar penyalahgunaan narkoba, kekerasan, dan perbuatan negatif lain. (hlm:336)

Kekurangan atau kritik
Dalam buku ini penulis menggunakan kalimat yang kurang pas, menggunakan kata-kata yang bertele-tele sehingga pembaca susah menafsirkan dan menyimpulkan isi buku  tersebut.

Kelebihan dan Pujian
Buku ini sangat cocok untuk problem anak MI/SD, karena memiliki solusi akibat penyalahgunaan narkoba. Artikel tentang solusi penyalahgunaan narkoba pada anak MI/SD sangat penting dan menarik karena banyak memberikan solusi atau pelajaran untuk mengawasi anak-anak kita. Di zaman yang semakin maju kita harus bisa menolak hadirnya narkoba, napza, bagi anak MI/SD.

Biodata  Buku
Judul   : Problematika Anak MI/SD Zaman Now dan solusinya
Nama Penulis : Tim PGMI STAINU Temanggung
Nama Editor   : Hamidulloh Ibda, M.Pd
ISBN               : 978-602-50566-5-9
Penerbit           : Forum Muda Cendikia( formaci), Semarang
Tahun Terbit    : 2019
Cetakan            : 1 (pertama)
Tebal                : 21 x 14 cm. Xvii + 396 Halaman
Harga               : Rp 100.000,-   
Bagikan :

Tambahkan Komentar