Ilutrasi Jawa Pos

Karya: Ahmad Aji Pangestu

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

A’uudzu billahi minasysyaithanirrajim. Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirobbil alamin. Wabihi nastain, ala umuridunya waddin. Washolatu wassalam ala asyrofil ambiyai wal mursalin, Amma Ba’du.

Kepada yang terhormat para alim ulama yang kita nanti-nantikan fatwanya.

Yang kami hormati semua pihak yang datang pada hari ini.

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah swt. yang telah melimpahkan taufiq hidayah dan inayahnya sehingga kita dapat bertemu dan bermuwajahah dalam pidato kali ini. Shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, nabi besar Muhammad saw. Yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kemudian Amin.

Saya di sini, akan menjelaskan tentang apa itu salat tarawih dan keutamaan mendirikan tarawih di Bulan Ramadhan. Tarawih merupakan suatu ibadah yang sangat spesial adanya, yaitu hanya dilaksanakan di bulan suci Ramadhan. Tarawih sendiri dilakukan setelah salat isya dan utamanya dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid maupun mushola-mushola. Jumlah rakaatnya bagi kita warga nahdliyin, yaitu 20 rakaat, dan setiap 2 rakaat harus ditutup dengan 1 salam. Selanjutnya setelah salat tarawih, apabila kita umat muslim tidak akan melakukan salat sunah lagi, maka dilanjutkan dengan salat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Boleh 3-11 rakaat.

Salat tarawih sendiri merupakan ibadah yang pahalanya berlipat ganda, bahkan ada hadis menyatakan bahwa puasa Ramadhan tidak sempurna jika tidak dibarengi dengan ibadah salat Tarawihnya. Oleh karena itu, marilah, Bulan Ramadhan sebentar lagi, jangan sampai kita merelakan untuk meninggalkan ibadah yang mulia ini Amin.

Keutamaan salat tarawih sangatlah banyak. Karenanya, kita akan membahas sekilas di bagian keutamaan tarawih pada malam-malam pertama sampai malam ketujuh. Malam pertama salat tarawih, keutamaannya dosa-dosa kita dihilangkan sebagaimana pahala ibu melahirkan. Malam kedua, ia akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya jika sama-sama muslim. Malam ketiga, para malaikat berseru kepada manusia: Mulailah untuk menjalankan kebajikan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu. Malam keempat, mukminin akan mendapat pahala seperti orang yang membaca 4 kitab Allah. Malam kelima, Allah akan menganugerahkan pahala seperti ibadah di Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha. Malam keenam, Allah akan memberikan pahala seperti pahala orang yang melakukan tawaf di Baitul Makmur, dan malam ketujuh, ia seakan-akan menemui zaman Nabi Musa dan menolongnya dari serangan tentara Firaun dan Hamman.

Karena materi yang sangat banyak, tidaklah mungkin kami akan menjelaskan secara tuntas. Oleh karena itu, kami dalam menjelaskan materi tentang tarawih dan keutamaannya pasti banyak kesalahan, maka dari itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahit-Taufiq Wal Hidayah
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bagikan :

Tambahkan Komentar