Ilustrasi merdeka.com

Oleh Afi Meidina

Assalamualaikum wr.wb

Saya di sini akan menyampaikan sedikit tentang keutamaan dan keistimewaan puasa  ramadhan, bulan puasa sering dinanti-nantikan oleh umat muslim karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh kebaikan sejak hari pertama sampai hari terakhir ramadhan. Dan kebaikan yang dilakukan pada bulan puasa akan dilipatgandakan pahalanya. Bulan ramadhan dibagi menjadi 3 fase, yaitu 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir bulan ramadhan yang masing-masing memiliki keutamaan sendiri-sendiri.

Pada 10 hari pertama merupakan fase terberat dan tersulit karena dibutuhkan dibutuhkan adaptasi dan penyesuaian diri yang baik. Keutamaan yang didapat pada 10 hari pertama adalah Allah SWT akan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba yang sabar dan ikhlas, untuk mendapatkan keutamaan tersebut maka umat muslim dianjurkan untuk beribadah baik itu ibadah wajib ataupun sunah.

Keutamaan 10 hari kedua adalah wujud istiqomah karena ibadah yang dijlankannya semata-mata karena Allah SWT, jauh dari godaan duniawi, dikabulkan doa-doa, sukses di ibadah ramadhan, mendapatkan kemudahan selama ramadhan.

Kemudian 10 hari terakhir memiliki keutamaan yang luar biasa karena 10 hari terakhir ini merupakan penutupan bulan ramadhan sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannya, seperti doa Nabi Muhammad SAW:
اَلَّهٌمَ اجْعَلِ خَيْرِ عُمُرِيْ اَخِرَهَ وَ خَيْرِ عَمَلِيْ خَوْاتَمْهُوْخَيْرَ اَيَلِ مِيْ يَوْمِ اَ لْفَا كَ                                                   
‘’ya Allah, jadikan sebaik-baik umurku adalah penghujungnya dan jadikan sebaik-baik amalku adalah pamungkasnya dan jadikan sebaik-baik hari-hariku adalah hari di mana saya   berjumpa dengan-Mu kelak’’

Dan pada 10 hari terakhir bulan ramadhan ini turunnya lailatul qadar.
Demikian yang dapat saya sampaikan, jika banyak kesalahan saya minta maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum wr.wb
Bagikan :

Tambahkan Komentar