Ilustrasi merdeka.com

Oleh Agustin Wulandari

Asalamualaikum wr.wb
Bismillahirokhmanirohim, alhamdulillahirobil’alamin wabihinasta’in wa’alaalihi wasohbihi ajma’in ama ba’du.

Disini saya akan menyampaikan sedikit pidato mengenai “Indahnya Islam pada Bulan Suci Ramadhan”
Dapat kita ketahui bahwa islam merupakan agama yang sangat cinta akan kebersihan kedamaian, ketentraman, keindahan. Rosullullah saw pun mengajarkan kepada umatnya bahwa “kebersihan merupakan sebagian dari iman” dan allah swt pun sangat menyukai keindahan. Kita sebagai umat muslim wajib bersyukur kepada Allah swt karena kita masih bisa berjumpa lagi di bulan yang suci ini, bulan suci ramadhan. Wahai sahabatku, memang berat ujian yang di ujikan oleh allah di bulan ramdhan itu sendiri. Dan cara menyikapinya yaitu dengan kita niat dari dalam hati, kita melaksanakan puasa karena itu merupakan rukun islam yang ke 4 yang harus dan wajib kita jalani sebagi umat islam.

Adapun banyak sekali keutamaan dan keistimewaan pada bulan suci ramadhan. Keutamaan dan keistimewaan 10 hari pertama puasa yaitu Allah SWT akan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hambanya yang sabar dan ikhlas. Maka marilah kita perbanyak ibadah dan jangan berdiam diri saja. Perbanyaklah membaca ayat-ayat suci al-quran, perbanyak berdzikir dan do’a, mewajibkan sholat berjama’ah,memperbanyak silaturahmi serta menjaga hubungan baik itu juga merupakan sebuah ibadah.

Sebagaimana diterangkan dalam hadits rosullulah saw :
Dari Abu Huraira Radiyallahhu;anhu “Awal bulan ramadhan adalah Rahmat, pertengahan bulan ramadhan adalah Magfirah, dan terakhirnya adalah ‘itqun minan nar (pembebasan api neraka)” .
Keutamaan dan keistimewaan 10 hari ke 2 bulan ramadhan yaitu Maghfirah yang berarti ampunan atau pengampunan. Dengan demikian marilah kita perbanyak sholat malam, berdo’a , membaca al-quran, berdzikir untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Keutamaan dan keistimewaan 10 hari terakhir adalah ‘itqun minan nar, maka bertaubatlah dan memperbanyak istighfar, memperbanyak do’a seperti sabda nabi : ketika malam lailatul qadar banyak banyaklah mengucap “allahuma innaka afuwun karim tuhibbul afwa fa’fu’ani”. Dan semoga kita bertemu dengan malam lailatul qadar. Karena malam itu merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Demikian sedikit pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan apabila dalam menyampaikan ada banyak salah saya mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Wasalamu’alaikum wr wb

Bagikan :

Tambahkan Komentar