Ilustrasi
Oleh Dian Anggrainy Kusumaningrum
Mahasiswi Prodi MPI STAINU Temanggung

Sekolah telah menyediakan sekumpulan materi untuk mendidik seorang anak sampai dewasa nanti, termasuk perkembangan dirinya. Namun tanggung jawab pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Kunci menuju pendidikan yang baik adalah keterlibatan orangtua yang penuh perhatian. Karena jika orangtua terlibat langsung dalam pendidikan anak di sekolah, maka prestasi anak tersebut akan meningkat.

Setiap siswa yang berprestasi dan berhasil menamatkan sekolahnya dengan hasil yang baik, biasanya memiliki orangtua yang mendukung. Apa yang dapat dilakukan oleh orangtua bagi anaknya setelah mereka memasuki pendidikan di sekolah ? Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orangtua agar anaknya dapat berprestasi di sekolah.

1.Dukungan orangtua
Menjadi orangtua seharusnya memberi perhatian kepada anak-anaknya dan menanamkan kepada mereka nilai da tujuan pendidikan. Mereka juga berupaya mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah. Dengan cara berkunjung ke sekolah untuk melihat situasi dan lingkungan pendidikan di sekolah.

2.Kerja sama dengan guru
Biasanya ketika ada masalah gawat yang timbul, barulah beberapa orangtua menghubungi guru dari anak mereka. Sebaiknya orangtua perlu mengenal guru di sekolah menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Berkomunikasilah dengan guru untuk perkembangan anak Anda, karena guru juga perlu diberitahu bahwa Anda memandang penting pendidikan anak Anda di sekolah sebagai bagian dari kehidupannya. Ini akan membuat guru lebih memperhatikan anak Anda. Hadirilah pertemuan seperti rapat yang diadakan oleh sekolah.

Pada pertemuan itu, Anda memiliki kesempatan untuk mengetahui prestasi akademis anak, serta perkembangan anak di sekolah. Jika seorang mengatakan hal buruk mengenai anak Anda, dengarkan dengan penuh respek. Anda juga dapat menanyai guru di sekolah mengenai prestasi, sikap, dan kehadiran anak.

3.Sediakan waktu untuk anak
Sediakanlah waktu yang cukup banyak bagi anak Anda. Jika anak pulang sekolah, umumnya mereka cukup stress dengan beban pekerjaan rumah, ulangan, maupun masalah lainnya. Sungguh beruntung jika orangtua, misalnya ibu berada dirumah ketika anak-anak berada dirumah. Seorang anak akan senang bercerita ketika pulang sekolah, mengeluarkan keluh kesahnya kepada orangtua.

4.Awasi kegiatan belajar di rumah
Tunjukkan Anda berminat pada pendidikan anak. Pastikan mereka sudah mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Usahakan diri Anda untuk mempelajari sesuatu bersama anak. Membaca bersama-sama. Jangan lupa jadwalkan waktu setiap hari untuk memeriksa pekerjaan rumah anak. Kendalikan waktu menonton TV, internet, bermain game dan lain sebagainya yang sekiranya dapat mengganggu sekolah.

5.Ajari tanggung jawab
Sekolah umumnya akan memberikan banyak tugas untuk dipersiapkan anak di rumah dan di sekolah. Apakah mereka mengerjakan tugas dengan benar dan baik ? Seorang anak dapat bertanggung jawab mengerjakan tugas di sekolah jika Anda telah mengajar mereka untuk bertanggung jawab di rumah. Cobalah berikan anak pekerjaan rumah seperti merapikan tempat tidur dan seisi kamar, rutin jadwalkan dari sekarang. Pelatihan seperti itu akan membutuhkan banyak upaya karena perlu diawasi. Tetapi hal itu akan mengajarkan anak memiliki rasa tanggung jawab agar berhasil di sekolah dan di kemudian hari dalam kehidupannya.

6.Disiplin
Latihlah disiplin dengan tegas, namun dengan penuh kasih sayang. Jika Anda selalu menuruti keinginan anak maka mereka akan menjadi manja dan tidak bertanggung jawab. Masalah lain dapat muncul jika Anda terlalu memanjakan anak, seperti seks remaja, narkoba, prestasi yang buruk dan lain sebagainya.

7.Kesehatan
Kesehatan anak sangatlah penting, maka dari itu jagalah kesehatan anak Anda agar prestasi belajarnya tidak terganggu. Buat jadwal tidur yang cukup. Anak yang kelelahan tidak dapat belajar dengan baik. lalu hindari makanan seperti junk food, karena selain menyebabkan obesitas, juga mendatangkan pengaruh buruk terhadap kesanggupannya untuk berkonsentrasi.

8.Jadi teman terbaik
Jadilah teman terbaik bagi anak Anda. Luangkan waktu untuk berbagi hal dengan mereka. Seorang anak membutuhkan semua teman yang matang, yang bisa ia dapatkan.

Sebagai orangtua, Anda dapat menghindari banyak problem dan kekhawatiran atas pendidikan anak Anda, dengan mengingat bahwa kerja sama yang sukses dibangun di atas komunikasi yang baik. Kerja sama yang baik dengan para pendidik di sekolah juga dapat membantu melindungi anak Anda.

Sekian artikel dari saya mengenai Kunci Pendukung Pendidikan Yang Baik. Semoga dapat dijadikan acuan untuk belajar dan bermanfaat bagi pembaca.
Bagikan :

Tambahkan Komentar