Ilustrasi

Oleh Muhamad Robaetu Nawa
Mahasiswa STAINU Temanggung, Jawa Tengah

Pendidikan adalah suatu hal yang penting dan menjadi formalitas sekarang di mana saja. Karena dengan Pendidikan kemungkinan besar kita dapat bahagia, apa lagi di era milenial ini setidaknya kita harus bisa membaca dan menulis untuk bisa berkembang dan bersaing dalam berbagai hal. Karena sekarang membaca itu sudah pokok dalam kehidupan, contoh saja sekarang itu sedang maraknya media social dan ketika kita mebuka media social pasti banyak tulisan ketikan atau pun yang lainnya. Pada intinya semua itu perlu Pendidikan atau belajar mengajar walau pun tidak harus tinggi.

Namun bagi beberapa orang yang belum tahu menahu tentang betapa pentingnya Pendidikan dan hanya melihat dengan sebelah mata mereka, bagi mereka Pendidikan atau sekolah itu hanya untuk sekedar mencari ijazah untuk melamar kerjaan sebagai pegawai negeri. Padahal dalam realita nya Pendidikan sekarang sangat lah penting bagi anak-anak generasi sekarang untuk dapat bersaing di dalam berbagai bidang.

Pendidikan juga bisa di bilang sebagai tempat penanaman dalam karakter generasi bangsa yang berideologikan Pancasila. Dan dalam Pendidikan karakter kita juga dapat mengutip kata-kata dari bapak Pendidikan kita yaitu “Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” yang berarti yang di depan memberikan teladan, di tengah memberi ide, di belakang memberikan dorongan. Ketika tiga tersebut dapat terpenuhi dalam Pendidikan sekarang kemungkinan besar dapat berpengaruh dalam kemajuan Pendidikan karakter yang ada di sekolah.

Jadi pada intinya Pendidikan adalah salah satu jalan untuk mencapai kebahagiaan dan bukan sekedar untuk mencari kertas yang bertuliskan ijazah, atau pun harta melainkan untuk membuat hidup kita lebih bermanfaat dan mampu memajukan harkat martabat bangsa pada masa milenial ini. Maka dari itu lah kita sebagai calon pewaris bangsa ini mari Bersama mengubah pola pikir yang tadinya hanya sebatas mencela menjadi bisa lebih menghormati pada apapun. Dan ingatlah bahwa Pendidikan itu adalah hasil dari perjuangan para pahlawan-pahlawan dan pendahulu kita dan kita sebagai penerus harus memerjuangkannya bukan malah mengahncurkannya.

Mungkin cukup segitu saja karena ini adalah pengalaman pertama saya dalam mebuat artikel pasti masih banyak kekurangan mohon kritik dan saran sekian dan terima kasih.
Bagikan :

Tambahkan Komentar