Judul buku : Pendidikan Pancasila
Penulis       : Hayat H. Suratman
Penerbit      : Baskara Media
Cetakan      : Peratana, juli 2018
Tebal          : 382 halaman
Presensi      : Isti Machsusi

Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideology tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila secara etimologis istilah “pancasila” berasal dari sansekerta dari India (bahasa kasta brahmana) adapun bahasa rakyat biasa adalah prakerta. Pancasila sebagai ideologi negara yaitu ideologi terbuka dan tertutup. Ideology terbuka itu merupakan suatu system pemikiran terbuka sedangkan ideology tertutup itu merupakan suatu sistem pemikiran tertutup.

Pancasila sebagai sistem filsafat yaitu kata filsafat sendiri berasal dari bahasa yunani dan berarti cinta akan kebijaksanaan. Dalam bahasa lain filsafat dikenal dengan sebutan philosophy (inggris). Landasan filsafat pancasila secara ontologies kesatuan sila-sila pancasila sebagai suatu sistem yangbersifat hierarkis dan berbentuk piramida. 

Pancasila sebagai etika politik ciri-ciri nilai internalized value yaitu nilai-nilai yang telah menjadi kepribadian bawah sadar atau yang mendorong timbulnya tindakan tanpa berpikir lagi. Nilai dominan dianggap lebih penting dari pada nilai-nilai lainnya. hubungan agama dan pancasila Indonesia telah mengakui keberadaan 6 agama resmi yakni islam, Kristen, katolik, Kristen protestan, hindu-budha dan khonghucu.

Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, masyarakat “madani” adalah masyarakat yang beradap, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.filsafat yang mengkaji tentang isi dan nilai yang terkandung dalam obyek pokok bahasan. Yaitu filsafah nilai atau aksiologi yaitu filsafah yang mengkaji tentang isi dan nilai yang terkandung dalam obyek pokok bahasan.

Hubungan undang-undang dengan pancasila secara garis besar dapat dilihat dari dua bagian, yakni hubungan antara dengan pembukaan (mukaddimah) UUD 1945 dan hubungan antara pancasila dengan pasal-pasal dalam UUD 1945. Sistem pemerintahan merupakan bagian dari fungsi politik dalam ketatanegaraan. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini mencapai kemampuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa.

Kekurangan dari buku ini adalah cover kurang menarik untuk dibaca, kertas terlalu coklat lebih baik memakai kertas putih.




Bagikan :

Tambahkan Komentar