Judul: Modul Digital Muatan Lokal Batik

ISBN: 978-623-7590-04-0

Cetakan: I, Oktober 2019
Tebal: 21 x 14 cm,  vi + 82  Halaman
Penulis: Yeni Fisnani
Editor : Dian Marta Wijayanti
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara
Harga: Rp 40000 (belum ongkir)

WA: 081225183113 


Modul ini disusun untuk membantu siswa Sekolah Dasar dalam mempelajari konsep-konsep Batik dan untuk mempermudah mempelajari materi dan tehnik pembuatan Batik Cap terutama bagi yang belum mengenal Batik Cap.


Batik adalah seni gambar di atas kain untuk pakaian yang dibuat dengan teknik resist menggunakan material lilin. Kata batik berasal dari bahasa Jawa yang berarti menulis. Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal-usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India.

Batick, bathik, batik, batique dan batek serta batix adalah sebutan lain batik. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak Negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat popular di beberapa Negara benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia dan Pekalongan merupakan ikon perkembangan batik nasional sehingga mendapat julukan sebagai Kota Batik.
Bagikan :

Tambahkan Komentar