JUDUL BUKU                      :
PENDIDIKAN PANCASILA

M. TAUFIK, S.H., M.H., DIYAN ISNAENI, S.H., M,H., Dr. MAYIYADI, S.H.,M.H., Prof. Dr. Drs. YAQUB CIKUSIN, S.H., M.Si., Dr. Hj. RAHMATUL HIDAYATI, S.H., M.H., Dr. SURATMAN, S.H., M.H., Drs. H. MOH. BAKAR MISBAKHUL MUNIR, M.H., H. UMAR SAID SUGIHARTO, S.H., M.S., Dr. H. ABDUL ROKHIM, S.H., M.HUM., HAYAT, S.AP., M.Si., Drs. NOORHUDA MUCHSIN, B.E., M.M., Dr. Ir. SUMARTONO

PENYUNTING                    :
 HAYAT DAN H. SURATMAN

PENERBIT                            :
BASKARA MEDIA

CETAKAN                             :
PERTAMA, JULI 2018

JUMLAH                               :
xii + 382 HALAMAN


Kehadiran buku yang berjudul “PENDIDIKAN PANCASILA” ini menjadi salah satu panduan belajar bagi pelajar dan mahasiswa. Karena jika minimnya pengalaman dan pengetahuan nilai-nilai pancasila menjadi cikal bakal merebaknya aliran-aliran eksremisme yang berakibat pada tindakan tindakan radikal yang di bungkus dengan aktivitas ilmiah untuk memporak-porandakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Buku ini membahas tentang Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya peran dari tokoh-tokoh ulama, kedudukan dan fungsi Pancasila, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hubungan agama dan Pancasila. Kemudian dibahas pula mengenai hubungan Pancasila dengan UUD 1945, serta sistem pemerintahan di Indonesia. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahan ajar tersebut disusun dalam rangka untuk memperkuat wahana pendidikan karakter bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi dan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang mampu mengantarkan mahasiswa bersikap adaptif, kompetitif, dan menjadi lulusan yang cinta tanah air, siap bela negara serta mampu meningkatkan jati diri bangsanya. Buku ini juga disajikan dengan nilai-nilai pengalaman Pancasila juga identitas ke-NU-an.

Buku ini ringan dan dapat dijadikan waktu senggang, namun buku yang bercetak 382 halaman ini didesain dalam bentuk yang sederhana. Terlepas dari kekurangannya buku ini patut dibaca, bahkan bisa dijadikan referensi pengetahuan bagi semua kalangan.


Persensi
Eka Dyna Fitri, biasa di panggil Dyna. Lahir 18 tahun lalu tepatnya 12 januari 2001 kabupaten sekadau, Kalimantan Barat. Hobby ku traveling dan ketika waktu senggang terkadang aku menggambar dan sangat senang menonton film sebuah kisah cinta yang romantis tapi memiliki semangat mengejar cita-cita. Saat ini saya menjadi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris  di universitas Islam Malang
Bagikan :

Tambahkan Komentar