Oleh Nurul Fitrotul Kamila

Pengertian Kewarganegaraan
Sejak Indonesia merdeka sampai sekarang ini ,Pendidikan ke-warganegaraan tetep penting  dan memerlukan kajian yang serius dan mendalam di samping itu ,isu dan wacana penguatan kelembagaan negara dalam kerangka perwujudan Indonesia yang demokratis terus menguat.format konstualisme Indonesia tengah di tata dan niscayakan peran aktif seluruh komponen bangsa.

Memang terkadang kecemasan dan keprihatinan bebangsa akibat dari beragam praktik penyalahgunaan kekuasaan dan triakan minus peran negara dalam upaya penghormatan,perlindungan ,dan pemenuhan ham sebagai mandat dan konstitusi dan unsur terpenting dalam praksis demokrasi konstusional.salah satu ajkan menarik memperkuat solidaritas keindonesiaan kita adalah membumikan empat pilar kehidupan berbangsa :Pancasila,UUDRI tahun 1945,NKRI DAN Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu sesuai pasal 1 UU No2/1985 dinyatakan bahwa negara Indonesia adalah orang-orang yang berstandar perundang-undangan,perjanjian-perjanjian-peraturan-peraturan yang berlaku sejak proklamasi 17 Agustus 1945sudah menjadi warganegara Indonesia.

Objek Kajian Studi Kwarganegaraan
Keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh Batasan materi yang akan di ajarkan dan metode pembelajaran yang efektif.untuk mendapatkan capaian pembelajaran dan kompotitif anak didik ,maka objek kajian Pendidikan kwarganegaraan yang di maksud dalam buku ini meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
Persatuan dan kesatuan bangsa
Hak asasi manusia
Kedudukan warganegara
Norma,hokum,dan peraturan

Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan kwarganegaraan merupakan mendidikan yang cara kupanya lebih luas dari Pendidikan demokrasi .jika di hayati secara seksama dan mendalam ,maka Pendidikan sangat banyak manfaatnya.


Pancasila Zaman Berzaman
Sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang memberikan kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur .Nilai-nilai Pancasila sudah sejak dulu kala yang merupakan terapan dalam kehidupan sehari-hari .bahwasanya Pancasila yang telah di terima dan  diterapkan sebagai dasar negara seperti yang tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945.

Sejarah Lahirnya Pancasila
Secara historis ,nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila. Sebelum di rumuskan dan di sahkan menjadi dasar negara Indonesia ,secara objektif historis telah dimiliki bangsa Indonesia sendiri. Sehingga asal muasal nilai Pancasila tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri atau  dengan kata lain seluruh nilai yang terkandung sama nilai Pancasila merupakan kearifan budaya local bangsa Indonesia.

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencaoai cita-cita dalam berjalan berabad-abad dengan cara bermacam-macam dan bertahap sejarah rumusan Pancasila erat hubungan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia sendiri.Berdirinya NKRI melalui sebuah peroses yang Panjang setelah sebelum Indonesia di jajah oleh beanda selama kurang lebih 3,5 abad .lepas dari belanda ,Indonesia terpelosok dalam cengkraman jepang sampai jepang mengalami kekalahan atas sekutu dengan dibombardirnya kota Hirosima dan Nagasaki.karena inilah ,maka perdana mentri koiso pada tanggal 7 september 1944 menjanjikan kemerdekaan Indonesia.

NKRI Harga Mati Perspektif Islam
NKRI: Hasil dari Sebuah Perjalanan Panjang
Istilah ‘’NKRI HARGA MATI’’ muncul kembali menjadi wacana karena ada kecendrungan sebagian kecil masyarakat Indonesia yang mencoba untuk melakukan gerakan – gerakan yang sistematis untuk mengubah bentuk negara kesatuan replubik Indonesia.Gerakan ini tentu saja berbahaya karena mengancam keutuhan negara. Oleh karena itu ,upaya membangun kesadaran berbangsa dan negara harus menerus di lakukan .NKRI harus di pahami sebagai anugrah terbesar bagi bangsa ini .Dikatakan anugrah karena bentuk negara kesatuan adalah titik temu bangsa yang plural ini baik dari sisi suku,agama dan ras.

Pada saat negara Indonesia adalah federasi ,tidak sedikit masalah yang di hadapi bangsa ini .pemberontakan di berbagai tempat dan juga termasuk masalah ekonomi seperti hancurnya sarana dan prasarana yang mengerakan ekonomi di berbagai daerah bagian .bahkan yang paling berat adalah inflasi dan deficit anggaran ,belum lagi yang berkaitan dengan masalah social dan politik .beberapa daerah terdapat pemberontakan yang di lakoni oleh mantan-mantan tantara KNII.perdana mentri kala itu harus berjuang keras dengan mengunakan kemampuan lobi-lobinya untuk dapat menyelesaikan masalah                     

Bagikan :

Tambahkan Komentar