Wonosobo, TABAYUNA.com - Sing Penting Nulis Terus topik yang dipilih dalam pelatihan literasi. Penyemangat guru Madrasah Ibtidaiyah di sekitar Kejiwan Kabupaten Wonosobo untuk selalu menciptakan karya literasi, (Rabu, 29/01/2020).

"Tidak orang besar yang tanpa karya” Hamidulloh Ibda selaku narasumber pelatihan menulis artikel populer yang digelar forum KKG MI Kecamatan Wonosobo dan Watumalang tersebut.

Entah itu karya sendiri atau kajian terhadap pemikiran tokoh tersebut. Sehingga karyanya bisa dinikmati sampai saat ini. Bahkan, lebih tua dari masa usia hidupnya tegas dosen di STAINU Temanggung.

"Menulis bukan tentang buku, namun bisa berita, sastra, jurnal dan masih banyak yang lain" tandas laki-laki mantan wartawan tersebut.

Lanjutnya, artikel populer salah satu karya yang cukup mudah bagi para pemula. Sebab, mayoritas konten yang ada merupakan pendapat atau gagasan sendiri. Bahasa yang digunakan tidak harus ilmiah atau kaku, dapat menggunakan bahasa yang santai.


Untuk menulis ini harus didasari dengan konsistensi. Banyak orang yang menulis hanya saat kondisi tertentu, sebisa mungkin konsistensi ini diberlakukan, sambungnya.

Diakhir pelatihan ini, peserta dituntut untuk praktek membuat berita. Dengan menggunakan media yang ada, terutama gawai yang hampir setiap hari melekat di tangan. Karena, gawai juga bermanfaat dalam membuat karya entah jurnalistik maupun ilmiah. (Tb44/Egi).
Bagikan :

Tambahkan Komentar