Judul: Kurikulum Barista (Profesional Dasar)
ISBN: 978-623-7590-12-5
Cetakan: I, November 2019
Penulis:  
Adi Prehanto, LM. Zulfahrin UZ,
Aep Saepudin, Yeni Fisnani
Penyunting:  
Hamidulloh Ibda
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara
Telepon: 08562674799
Harga: Rp 50000 (Belum ongkir)
Email : pilarnusapress@gmail.com

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas penyusunan Buku Kurikulum Pendidikan Barista ini. Penyusunan ini adalah dalam usaha kontributif dan partisipatif penulis dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan non-formal.

Di dalam naskah akademik dipaparkan rancangan pengembangan kurikulum secara konseptual dan kontekstual, yang mencakup (i) pengembangan ide kurikulum yang berbasis kebutuhan (ii) pengembangan struktur kurikulum berdasarkan ide (iii), pengembagan isi kurikulum berdasarkan kompetensi.

Profesi barista saat ini mulai berkembang dan sangat diminati oleh pelaku- pelaku usaha kopi. Sebagai alasannya adalah dari tangan seorang barista, akan dihasilkan sebuah minuman kopi yang beraneka kreasi dan diminati. Perkembangan ini juga perlu didukung dengan usaha penguatan dan peningkatan kompetensi, melalui pelatihan dan pendidikan yang tepat.

Implementasi pendidikan barista telah dilakukan oleh beberapa lembaga penyelenggara. Namun, perumusan kurikulum pendidikan barista yang terstruktur masih belum atau jarang diperhatikan. Pada dasarnya, kurikulum merupakan pedoman atau acuan suatu pelaksanaan pendidikan atau pelatihan. Demikian pula dengan kurikulum pendidikan barista ini.

Diharapkan dengan penyusunan kurikulum dan implementasi yang sesuai, akan menghasilkan barista-barista kompeten sesuai dengan kebutuhan. Secara garis besar, pengembangan kurikulum ini adalah bentuk pengembangan berkelanjutan, di mana masih terdapat permasalahan-permasalahan yang belum dikerjakan. Demikian juga dengan pengenmbangan kurikulum pendidikan barista, harus dilakukan secara terus menerus dan sesuai perkembangan yang terjadi.

Dengan telah selesainya Buku Kurikulum Pendidikan Barista ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan saran dan kritik terhadap peyempurnaan rancangan buku kurikulum ini Semoga semua upaya tersebut bisa menjadi salah satu unsur yang nyata dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan untuk semua.
Bagikan :

Tambahkan Komentar