Judul: Mobile Learning Media Bermuatan Etnoscience
ISBN: 978-623-7590-15-6
Cetakan: I, November 2019
Penulis: Dian Marta Wijayanti, M.Pd, Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D, Prof. Dr. Sarwi, M.Si
Editor : Hamidulloh Ibda, M.Pd
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara
Harga: Rp 60.000 (Belum ongkir)
Telepon: 08562674799

Pergantian kabinet, menteri, dan kurikulum pada dasarnya hanya bagian dari dinamika pendidikan. Sudah menjadi hal yang wajar ketika kurikulum berubah mengikuti perkembangan zaman. Namun yang menjadi kunci dari pergantian kurikulum tersebut terletak pada kemampuan guru dalam menyesuaikan dirinya.

Revolusi industri menuntut semua guru untuk siap menghadapi perubahan besar dalam merencakan, melaksanakan, dan mengevaluasi tupoksinya di dalam kelas. Tidak ada lagi guru yang menggunakan gaya lama untuk mendidik anak-anak zaman now. Apalagi pembelajaran yang hanya dilakukan secara ceramah, tanpa media, dan penuh suasana menakutkan di dalam kelas.

Tantangan demi tantangan semakin nyata. Siswa semakin kritis dan melek teknologi. Internet dan gawai tidak lagi menjadi barang asing bagi mereka. Bahkan sudah banyak di antara mereka yang satu langkah di depan gurunya dengan mengakses internet sebelum pembelajaran di dalam kelas dimulai.

Pembelajaran yang monoton tidak akan disukai siswa. Siswa masa kini menyukai hal-hal baru.  Kondisi tersebut berbeda dengan kondisi siswa zaman dulu yang menerima segala sesuatu yang disuguhkan oleh bapak ibu gurunya. Siswa era digital lebih berani mengambil resiko dengan mengikuti berbagai les tatap muka maupun online, mencari jawaban tugas-tugas di internet, bahkan tidak sedikit yang belajar dari aplikasi-aplikasi edukasi yang dapat diunduh secara bebas di play store.

Buku ini tersusun sebagai bagian dari produk tesis penulis yang mencoba mengembangkan mobile learning media dengan memasukkan unsur-unsur kebudayaan kota Semarang sebagai bentuk internalisasi ethnoscience dalam pembelajaran. Pentingnya memasukkan ethnoscience yang beriringan dengan pemanfaatan TIK dianggap mampu meningkatkan penguasaan siswa dalam memahami kompetensi dasar, khususnya di kelas 5 SD.

Aplikasi pembelajaran yang telah diungguh di play store diberi nama MLMe. Apliasi ini dapat diunduh secara gratis oleh penggunanya. Materi yang dikembangkan adalah pengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini cocok digunakan untuk siswa kelas 5 SD sebagai suplemen belajar di  kelas maupun di rumah. Tidak ada kegiatan pengembangan yang luput dari kekurangan. Oleh karena itu penulis secara terbuka menerima masukan, kritik, dan saran dari para pembaca.
Bagikan :

Tambahkan Komentar