TABAYUNA.com – Viral buku “Menjerat Gus Dur” membuat semua orang tercengang. Sekira sepekan terakhir, buku karya Virdika Rizky Utama ini terjual ludes, dan yang pesan harus antre lama. Hal itu terjadi sebelum peringatan satu dasawarsa meninggalnya KH Abdurrahman Wahid.

Buku “Menjerat Gus Dur” itu merupakan buku populer di akhir 2019 dan awal tahun 2020 ini yang diterbitan Numedia Digital Indonesia. Buku tersebut u menjadi polemik sekaligus perbincangan luas di kalangan masyarakat khususnya Nahdliyin.

Penyebabnya tak lain karena investigasi yang dipaparkan penulis memuat keterlibatan tokoh-tokoh besar yang turut dalam proses penjatuhan Gus Dur.

Bagian terpenting dari buku ini adalah dilampirkannya dokumen rahasia yang ditulis Fuad Bawazier. Dokumen empat halaman tersebut berupa surat laporan terkait rencana-rencana yang sudah dilakukan untuk menjatuhkan Gus Dur.

Perlu rakyat Indonesia tahu, dalang di balik pelengseran Presiden Gus Dur. Ada tokoh  HMI, Muhamadiyah dan Partai Golkar perlu jadi catatan penting dalam berpolitik.

Dengan dana sekitar 4 triliun waktu itu atau setara dengan 30 triliun jika dihitung sama zaman sekarang, mereka berhasil membuat skenario  melengserkan presiden dari Nahdatul Ulama.
Inilah tokoh di balik sejarah itu:

Prio Budi Santoso
Amin Rais
Akbar Tanjung
Fuad Bawazier
Fachruddin
Hidayat Nurwahid
Ali Marwan Hanan
Hamdan Zoelva
Patrialis Akbar
Yapto
Mega Wati
Taufik kiemas
Zoelvan Lindan
Julius Usman
Fadil Muhammad
Bambang Tri Atmojo
Liem Swie Liong
Arifin Panigoro
Parni Hadi
Surya Paloh
Azumardi Azrha
Dr. Syahrir
Dien Syamsuddin
Anas Urbaningrum
Dan lainnya

Bagikan :

Tambahkan Komentar