Kendal, TABAYUNA.com - Dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten, kompetitif dan berkarakter, MKKS SMK NU kabupaten Kendal menyelenggarakan IHT Revitalisasi SMK yang diikuti 267 guru dan pegawai SMK NU se kabupaten Kendal.

Kegiatan berlangsung Sabtu (1/2/2020) di gedung DPRD Kendal. Hadir dalam kegiatan tersebut Mujib Rohmat (anggota komisi X DPR RI), Ahmad Nadhif (Kepala SMK Percontohan NU Ma'arif Kudus) dan Ibnu Darmawan (Ketua LP Ma'arif NU Kendal)

Ahmad Nadhif yang tambil sebagai pembicara menyampaikan bahwa yang terpenting dalam program Revitalisasi adalah revitalisasi SDM. "Komitmen Kepala Sekolah, kompetensi Guru dan instruktur serta support tenaga kependidikan adalah kunci keberhasilan revitalisasi SMK" demikian tuturnya. Ditambahkan langkah berikutnya yaitu penguatan kemitraan dengan Dudi mulai dari singkronisasi kurikulum, magang guru, magang siswa, transfer teknologi dan puncaknya rekruitmen lulusan

Sementara itu Ibnu Darmawan dalam sambutannya menekankan pentingnya karakter bagi lulusan SMK NU. "Dudi saat ini mementingkan karakter atau attitude diatas knowledge dan skill, karena karakter butuh waktu lama untuk membentuknya" melalui pembiasaan sehari-hari disekolah diharapkan karakter tersebut terbentuk

Sedangkan Mujib Rohmat memandang saat ini masih banyak lulusan SMK yang mis match dengan dunia kerja. Pihaknya akan mendorong kementrian pendidikan untuk membantu modernisasi alat praktek siswa agar relevan dengan perkembangan Dudi.

Ahmad Supari Ketua MKKS SMK NU Kendal mengungkapkan saat ini 8 SMK NU di kabupaten Kendal terus berupaya melakukan revitalisasi diantaranya melalui peningkatan kompetensi guru, mengirim guru mengikuti Diklat Asesor, dan menggandeng berbagai Dudi Nasional dan multinasional sebagai mitra SMK. "Kami sedang persiapan membentuk LSP P2 sebagai lembaga yang akan mensertifikasi lulusan kami, juga mengintensifkan peran BKK Ma'arif untuk membantu lulusan kami memperoleh pekerjaan" demikian terangnya. (Tb66).
Bagikan :

Tambahkan Komentar