Oleh Ulya Minata Rusdiati
Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah STAINU Temanggung

Virus Corona atau Novel Coronavirus (2019 – nCoV) pertama kali ditemukan di kota Wuhan,Cina pada akhir Desember 2019.Virus ini diperkirakan dari hewan, seperti kelelawar,tikus, dan hewan liar lainnya.Virus ini menyerang sistim organ pernapasan ,pneumonia akut,hingga kematian.Penyakit infeksi virus corona disebut COVID – 19.Virus Corona bisa menyerang siapa saja akan parah jika yang terkena lansia atau daya tahan manusia saat lemah.Virus ini menular dengan cepat dan menyebar ke beberapa Negara termasuk ke Indonesia.

Saat Presiden Indonesia JOKOWI  mengumumkan Virus Corona yang sudah menyebar di Indonesia. WNI yang terkena langsung 2 orang yang tinggal di Depok Jawa Barat,disebaban karena sudah kontak langsung dengan WNA Jepang.Bertambahnya hari pasien  COVID-19 bertambah banyak,tak hanya di sekitar Jawa Barat,beberapa daerah di Indonesia seperti DKI Jakarta,Banten, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara,DI Yogyaarta,Jawa Tengah dan masih banyak lagi yang belom tercatat juga banyak yang sudah terinfeksi Virus Corona ini.Mereka terkena virus ini dari berbagai macam kasus.Mendengar pernyataan Bapak Presiden Masyarakat mulai panik mereka langsung mencari masker,obat – obatan,dan antiseptic untuk melindungi dirinya,tak hanya itu mereka juga memborong makanan instan di supermarket yang tersedia. Harga rempah rempah di pasar juga mengalami kenaikan akibat virus corona,Masyarakat percaya rempah – rempah bisa menjadi obat untuk mencegah virus ini.Hal Ini menyebabkan banyak warga yang tidak mendapatkan bahan tersebut.

Masker yang di apotik dan di supermarket mengalami kehabisan stok,sehingga masyarakat susah mendapatkannya dan sebagian masyarkat rela merogoh kantong membeli masker pada orang yang menimbun masker dengan harga yang relative mahal bahkan berlipat-lipat harganya.
Pasien yang terinfeksi Virus Corona meningkat dan menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Bertambahnya hari bahkan ada yang sudah meninggal,akan tetapi juga ada yang sudah sembuh. 

Hal itu menandakan bahwa Virus Corona memang membahayakan tetapi juga bisa di atasi..Minggu – minggu ini Pemerintah membuat kebijakan sekolah libur sekitar 2 minggu,bahkan sudah ada yang bilang sampai tanggal 29 Mei dan bisa lebih dari waktu yang di tentukan, para pekerja bekerja di rumah, bahkan jika tidak ada keperluan yang sangat penting sangat dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah bertambah banyaknya orang yang terkena Virus Corona,

Negara – Negara selain Indonesia juga sudah mempunyai kebijakan sendiri untuk mengantisipasi Virus Corona agar rakyatnya tidak terinfeksi virus tersebut. Bahkan di Negara Italia jika ingin keluar rumah harus ada sertifikat dan menunjukkannya ke petugas agar orang tersebut bisa keluar rumah.Di Negara – Negara lain sudah ada yang mengembalikan warga China ke negaranya.Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan rakyatnya,mereka sangat harus berpikir tajam untuk melindungi negaranya dan juga warganya,mereka tidak boleh gegabah dengan pemikiran yang tidak ada solusinya untuk memerangi virs yang mudah tersebar ini.

Cara Mencegah Corona
Untuk mencegah virus corona yang dapat kita lakukan antara lain pertama, sering mencuci tangan dengan benar seperti menggunakan hand satanizer/ alkohol vrus corona bisa mati jika terkena alkohol,sebisa mungkin saat melakukan aktivitas hendaknya mencuci tangan,menjaga jarak dengan orang yang sedang akit sekitar 2 meter.Itu sangat diperlukan supaya kita tidak mudah tertular dengan orang yang sedang sakit tersebut.

Kedua, menjaga daya  tahan tubuh,dengan tubuh yang sehat dan kuat tubuh kita tidak akan cepat sakit .Oleh karena itu mengkonsusmsi sayuran hijau dan buah – buahan ,memakan makanan yang berprotein seperti telor,ikan,dan daging.Tidur secukupnya pada musim seperti ini sebaiknya hindari begadang yang tidak ada manfaatnya karena itu hanya dapat membuat tubuh kita menjadi lelah, diusahakan  memperbanyak minum air putih,dengan sering minum air putih cairan di tubuh kita menjadi terpenuhi jadi tubuh tidak akan cepat lelah hingga dehidrasi,dan olah raga yang teratur,dengan badan yang kuat kita bisa melawan virus Corona.

Ketiga, Gunakan masker saat berpergian karena dikabarkan dari (Kompas.com, 15/03/2020) ukuran virus corona berdiameter ukuran virus corona berdiameter 125 nanometer atau 0,125 mikrometer jadi kita memakai masker apa saja,tidak peduli mahal ataupun murah karena yang dibutuhkan hanya untuk  melindungi pernapasan kita.

Keempat,Hindari menyentuh mata,hidung,dan mulut Karena tiga hal ini mudah terkontaminasi dengan virus sehingga dapat menyebar dengan cepak ke tubuh,apalagi jika kita setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan barang yang mudah tertempel virus itu dapat membahayakan tubuh.

Kelima,Selalu memantau atau mencari tahun perkembangan virus corona,dengan itu kita menjadi lebih tau dan was – was.Kita menjadi tanggap dan mengerti apa yang harus dilakukan kedepannya.
Untuk itu mari kita menjaga kebersihan,dengan menjaga kebersihan kita tidak hanya untuk diri kita  bahkan untuk orang disekitar,dengan menjaga kebersihan kita bisa terhindar dari Virus Corona.Patuhi aturan pemerintah karena mereka sudah memikirkan kedepannya agar kita selamat,dengan adanya virus Corona kita menjadi  lebih mencintai diri dan merawat diri dengan jauh lebih baik dari yang sebelum - sebelumnya.

Semoga kasus Virus Corona cepat terselesaikan dan semoga sudah tidak ada di dunia ini, aktivitas bisa kembali normal seperti biasanya.Siswa - siswi bisa kembali ke sekolah seperti semula tanpa harus menjauhi temannya.Para pekerja bisa kembali normal,para pedagang bisa kembali berdagang dengan nyaman.Kita menjadi bisa kesana kemari tanpa adanya kecemasan dalam diri karena takut terkena virus Corona.
Bagikan :

Tambahkan Komentar