Oleh Nur Khotimah

Mahasiswa  Prodi PGMI STAINU Temanggung 

Tidak asing lagi dengan gadget karena sudah menjadi barang paling penting di kehidupan sehari-hari dan gadget sudah termasuk menjadi makanan sehari-hari dalam kehidupan kita. Hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia berhubungan dengan gadget baik sekolah,kerja,maupun bermain semuannya menggunakan gadget.gadget sercara tidak langsung telah membuat manusia bergantung padannya. Ketergantungan manusia terhadap gadget dapat perpengaruh pada kehidupan nyata manusia. 

Contohnya pada kehidupan sosial disaat kumpul dengan tetangga palah keasikan dengan gadget masing-masing sehingga saat kumpul tidak adanya interaksi sosial secara langsung.contoh lain pada anak-anak sepulang sekolah pastinnya menghabiskan waktu untuk bermain bersama temannya hingga lupa waktu tetapi sekarang anak sepulang sekolah dia langsung memegangang gadgetnya hingga lupa waktu. Masyarakat jaman sekarang pun lebih suka berdiam diri di rumah untuk menonton Tv jadi mereka sangat jarang aktif dalam kehidupan sosialnnya.

Akibat pandemi ini seluruh manusia pastinya dianjurkan untuk terus dirumah saja demi memutus penularan penyakit Covid19 .sekolah dan pekerja pun sekarang ini harus dilakukan dirumah maka kita dipaksa untuk berubah kekehidupan maya dengan gadget .karena gadgetlah adalah alat yang saat ini sangat penting dan bermanfaat bagi semua manusia agar tetap bisa menjalani kehidupan sehari-hari.

Gadget seperti smartphone sudah menjadi kawan sehari-hari kita maka tak heran kalau balita sekarang sudah mahir menggunakan gadget untuk bermain menonton kartun ataupun mendengarkan lagu kesukaannya.dalam hal ini maka dibutuhkan peran orang tua supaya mengawasi dan mendampingi anak-anak mereka, sejauh mana seorang anak menggunakan gadget sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Sekarangpun gadget sudah menjadi pasar terbesar semua kebutuhan manusia sekarang dapat didapatkan dengan menggunakan gadget,baik makanan,fashion,kebutuhan rumah tangga sekarang semuannya sudah ada di gadget,jika orang malas untuk pergi keluar rumahpun orang dapat memesan barang yang diinginkan sesuai kebutuhan dan datang kerumah tanpa ribet untuk transfer orang dapat membayar ditempat saat barang itu datang. 

Wabah Covid19 telah memberikan suatu dampak besar bagi kehidupan manusia di dunia. karena semuannya mengunakan gadget untuk kesempatan belajar anak online/daring bisa dipergunakan untuk mecari informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah secara daring saat Covid19 dengan internet kini mudah dalam mencari informasi apa saja sesuai dengan kebutuhannya.

Bahkan gadget bisa menjadikan sarana untuk merendam rasa bosan anak karena tidak boleh keluar rumah meski demikian tentu sangat diperlukan disiplin diri dalam penggunaan gadgetnya agar tidak menjadi kebiasaan yang nantinnya dapat berdampak negatif.

Sudah jelas sekali sekarng gadget sudah menjaid makanan sehari-hari karena sangat memudahkan untuk berkomunikasi apalagi sekarang kaum milenialis yang suka chatingan dengan teman,pacar maupun kerabatnya,dan eksis di medsos. Gadget memudahkan kita up to date dengan berita terbaru, gadget juga dapat menjadi sarana melepas rindu dengan keluarga yang jauh.

Selain untuk tempat melepas rindu gadget juga dapat dimanfaatkan untuk tempat menuangkan kreativitas misalnya,membuat video unik,mengedit foto yang dapat di upload di medsos.beberapa poin penting tentang gadget kita harus jadi pengguna gadget yang bijak ya.

Di mana zaman sekarang gadget seperti smartphone sudah menjadi separuh nyawa bagi pemiliknya karena tidak bisa jauh darinya,bila sehari tidak memegang gadget seakan ada yang kurang dalam kehidupan. Seperti contoh ketika ingin berpergian bersama teman dan terburu-buru kemudian smartphone nya lupa dan saat sudah bertemu teman semuanya memegang gadget maka akan timbul rasa gelisah dalam diri kita. Dan contoh lain ketika smartphone kita rusak maka kita terburu-buru untuk memperbaikinya atau membeli gadget yang baru untuk melengkapi kegiatan sehari-harinya agar tidak bosan.

Gadget sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita ketika bangun tidur yang pertama kali dicari pastinya smartphone anda begitupun saat akan tidur pastinnya kalian memegang gadget terlebih dahulu sebelum tidur.gadget sudah menjadi candu bagi sebagian orang dan susah untuk bisa lepas darinnya.pecandu gadget sering kali begadang sehingga kurangnya waktu istirahat terkadang kurangnya kasih sayang orang tua terhadap anaknya karena sibuk dengan masalah gadgetnya.

Penggunaan gadget pun tergantung kepada pemiliknya,apakah gadget dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat atau tidak.karena gadget dapat berdampak positif maupun negatif pada pemiliknya.dampak positif dari gadget dapat memudahkan dalam pencarian informasi dan komunikasi, dan dapat juga menjadikan pelajar agar tidak gagap tekhnologi. Dan dampak negatifnya bisa menganggu belajar siswa,berakibat buruk pada perilaku, kesehatan,dan sikap siswa.di media sosial juga sering muncul adanya perdebatan yang tidak perlu,ada juga penipuan,keruetan masalah di media sosial bisa bikin kita menjadi resah.untuk itu sangatlah dibutuhkan pembatasan penggunaan gadget walaupun sudah menjadi makanan sehari-hari tetapi kita menggunakannya juga harus ada batasan. Dan kita harus tetap waras dalam menghadapi dunia maya agar tidak berdampak pada kehidupan nyata kita.

Di zaman sekarang yang serba modern ini gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat misalnya gadget muncul hanya dapat untuk mengirim pesan dan telfon melalui suara. Tetapi perkembangan gadget saat ini gadget tidak hanya untuk kirim pesan dan telfon suara,telfon menggunakan gambar pun sekarang bisamengirim pesan melalui gambar gambar yang tren saat ini juga bisa.kini seakan-akan gadget menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Alat yang terus berkembang ini dapat memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Perkembangan gadget inilah yang telah membawa perubahan kepada orang tidak hanya orang dewasa namun terjadi perubahan terhadap anak juga.

Gadget di zaman sekarang memang lebih canggih sekali,gadget yang beredar dari tiap tahun maka akan semakin cangih berbeda dengan kecanggihan tahun sebelumnya,gadget yang semakin cangih maka akan memudahkan kita dalam mencari informasi maka hal inilah yang harus kita kendalikan sebagai pemakainya agar tidak salah saat menggunakanya.maka diharapkan kepada pelajar dalam pemanfaatan gadget seperlunnya dan penggunaanya harus sesuai agar tidak terjadi dampak buruk.media sosial adalah tempat dimana mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Seperti contoh komunikasi antara teman yang jauh kita bisa menggunakan gadget tetapi komunikasi dengan masyarakat sekitar menjadi kurang karena jika bertemu dengan orang kita palah sibuk dengan gadgetnya masing-masing. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar