TABAYUNA.com 
Buku di tangan Anda ini merupakan hasil riset pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk “Pemberdayaan Berbasis Teknologi dan Informasi melalui Aplikasi Maktabah Al Syamilah dan Maushuah Al Hadis di Pesantren Alhidayah Prapak, Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah” yang dibiayai Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tahun 2019.

Substansi buku ini menjawab dua rumusan masalah inti. Pertama, bagaimanakah pengetahuan masyarakat Pesantren Alhidayah sebelum penerapan aplikasi Maktabah Al-Syamilah dan Maushuah Alhadis di pesantren? Kedua, bagaimana progres masyarakat santri Pesantren Pesantren Salaf Alhidayah setelah diadakan pendampingan penerapan aplikasi Maktabah Al-Syamilah dan Maushu’ah Alhadis?

Riset yang digunakan dalam pengabdian yang sudah menjadi buku ini menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research) atau RAP (Riset Aksi Partisipatoris). RAP adalah kegiatan riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara masyarakat warga dalam komunitas pesantren salaf dan melibatkan lingkup sosial yang lebih luas untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif (perubahan kondisi hidup yang lebih baik). Tiga pilar utama dari RAP yaitu metodologi riset, dimensi aksi, dan dimensi partisipasi. Jadi dalam penelitian ini mengacu pada metodologi riset kualitatif, bertujuan untuk mendorong aksi transformatif dari masyarakat Pesantren Salaf Alhidayah, dan melibatkan pengasuh, ustaz, pengelola sistem pemeblajaran, PD Pontren Kemenag Kabupaten Temanggung, serta pemangku kepentingan lainnya pelaksana RAP (Jason: 2004:4). Pendekatan PAR ini mengacu pada lima tahapan yang terdiri atas: pertama, Developing an Improved System. Kedua, Current Situation Analysis. Ketiga, Improvement Implemented. Keempat, Review Changes. Kelima, Report and Recommendations Metler (2009).

Dalam Developing an Improved System, pada tahap ini, ini tim melakukan identifikasi tentang gambaran utuh subjek penelitian. Untuk mendapatkan gambaran utuh tentang subjek penelitian, tim melakukan identifikasi profil pesantren, jenis pesantren dan budaya pesantren, serta sistem yang berlaku di pesantren. Tahapan berikutnya adalah Current Situation Analysis, dalam tahap ini tim menganalisis budaya, karakter masyarakat pesantren, sistem pendidikan, pemetaan masalah, potensi serta solusi dan kondisi tentang Pesantren Alhidayah Prapak secara komprehensif. Analisis ini peneliti gunakan untuk merumuskan pola pendekatan dan pendampingan yang sesuai dengan budaya, karakter dan kebutuhan di Pesantren Alhidayah. Peneliti juga memetakan subjek yang dapat memberikan informasi utuh tentang pesantren. Dalam tahap ini peneliti memetakan proses pendampingan dengan melihat kondisi waktu, subjek dan budaya yang ada dalam pesantren ini.

Karakter masyarakat. Masyarakat pesantren dalam pengabdian ini dikelompokkan atas unsur pengasuh, pengelola, tenaga pengajar (ustaz) dan santri pesantren Alhidayah Prapak.

Pada tahap Improvement Implemented, peneliti melakukan eksekusi terhadap hasil analisis yang dilakukan pada tahap Current Situation Analysis. Setelah peneilti mendapatkan data berdasarkan analisis kondisi budaya, sistem masyarakat dan karakter masyarakat Pesantren Alhidayah, maka peneliti mulai melakukan intervensi dengan melakukan FGD, dan pendampingan penerapan aplikasi Syamilah dan Maushuah di Pesantren Alhidayah. Pada tahap ini tim peneliti memberikan dorongan agar subjek mampu menganalisis permasalahan keterbatasan penerapan aplikasi Syamilah dan Maushuah sesuai dengan hasil FGD dan pengetahuan tentang aplikasi agar tercipta aksi transformatif proses penerapan aplikasi berdasarkan partisipasi aktif subjek dampingan. Pada tahap review changes, tim  peneliti mendorong subjek dampingan agar mereka mampu  mengidentifikasi hasil kegiatan yang ada ditahap sebelumnya untuk dilakukan peneyesuaian dengan kondisi yang berkembang agar lebih baik.

Sementara tujuan penelitian dalam pengabdian ini ada beberapa aspek. Pertama, mengetahui respons masyarakat santri terhadap penerapan pembelajaran berbasis informasi dan teknologi berupa penerapan aplikasi Maushuah Alhadis dan Maktabah al-Syamilah di pesantren salaf Alhidayah Prapag, Kecamatan Kranggan, kabupaten Temanggung. Kedua, menggerakkan kesadaran pengelola sistem pembelajaran dan masyarakat santri Pesantren Salaf Alhidayah agar mampu melakukan akselerasi dengan penerapan teknologi dalam proses pembelajarannya. Ketiga, menumbuhkan budaya pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi tanpa mengurangi atau merubaha nilai-nilai tradisionalisme Pesantren Salaf Alhidayah Prapag, Kranggan, Kabupaten Temanggung. Keempat, meningkatkan pengkayaan referensi yang mudah diakses oleh santri salaf Alhidayah Prapak, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung.

BIODATA BUKU:

Judul: Santri Salaf Melek IT: Studi PAR Aplikasi Almaktabah Alsyamilah dan Maushuatul Hadis di Ponpes Alhidayah

ISBN: 978-623-7590-83-5

Cetakan: I, Juli 2020

Tebal: 14 x 21 cm, xiii + 83 Halaman

Penulis: Moh. Syafi’, M.Hum.., Ana Sofiyatul Azizah, M.Pd.

Editor:  Hamidulloh Ibda , M.Pd.

Desain Sampul:   Wahyu Egi Widayat

Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Harga: Rp 50.000 (Belumg ongkir)

HP: 081225183113

Bagikan :

Tambahkan Komentar