Oleh M Najwa Sidqi Aliyul Hikam

Mahasiswa Prodi PGMI STAINU Temanggung

 

Identitas Buku

Judul Buku: Filsafat Umum Zaman Now

Nama Penulis : Hamidullah Ibda, M.Pd

Nama Editor: Khamim Saifuddin, M.Pd.I

Penerbit: CV. Kataba Group

ISBN   : 978-602-50213-3-6

Tahun Terbit: 2018

Cetakan: Ke  I, Agustus 2018

Tebal   : 21 x 14 cm, xv + 281 hlm

 

Dalam paradigma ilmu yang tidak bebas nilai (value bound) memandang bahwa ilmu itu selalu terikat dengan nilai dan harus dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek nilai. Pengembangan ilmu jelas tidak mungkin bisa terlepas dari nilai-nilai, kepentingan-kepentingan baik politis, ekonomis, sosial, religius, ekologis dan sebagainya.(hlm230).

Ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pengetahuan sosial, keduanya mempunyai berbagai keterbatasan dan keterbatasan yang memerlukan filsafat dalam memberikan jawaban. Filsafat adalah ilmu tentang kebenaran dan kebenaran filsafat diperoleh sebagai kebenaran hasil berpikir yang dilakukan secara radikal, spekulatif dan universal.(hlm231)

Dari semua itu, ilmu pengetahuan harus diberlakukan dengan objektif. Artinya, ilmu bebas nilai atau terikat nilai harus mempertimbangkan banyak hal. Tidak sekedar siapa penemu atau filsufnya. Sebab, hakikat semua ilmu adalah suci. Benar, baik, buruk, indah dan tidak indahnya tergantung pelakunya.(hlm231)

 

Kelebihan        : cover buku ini menarik dan membuat pembaca lebih tau tentang filsafat umum.

Kekurangan     : terdapat kata-kata yang sulit untuk dipahami terutama bagi orang awam, kemudian kertas yang digunakan untuk mencetak buku ini terlalu tebal/kaku sehingga sulit ketika dibuka.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar