Oleh Erlina Novita Sari

Mahasiswi  PRODI PGMI Semester 2 STAINU Teamanggung

 

IDENTITAS BUKU

Judu Buku: Filsafat Umum Zaman Now

Penulis : Hamidulllloh Ibda, M.Pd.

Penyunting: Khamim Saefudin, M.Pd.i

Desain Sampul: Wahyu Egi Widayat

Tahun terbit: 2018

Penerbit: CV. Kataba Group

Cetakan: Pertama

Tebal buku: 21x14, xv + 281 Halaman

ISBN      : 978-602-50213-3-6

 

Buku Fisafat umum Zaman Now ini membahas tentang definisi fisafat dan illmu pengetahuan, ruang ingkup study fillsafat dan manfaat, impikasi fillsafat dan hubungannya dengan ilmu lain. Dalam buku ini penulis ingin fokus mengembangkan kajian fillsafat umum sebagai saah satu bahan untuk meneliti, mengembangkan dan membongkar hal-hal baru, khususnya di era revolusi industry 4.0 ini yang memang sarat akan ketercerabutan. Pada  buku ini di jelaskan bahwa arti fillasafat merupakan kajian masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nillai, akall, pikiran dan bahasa. Filosof merupakan ahli filsafat, filosofi adalah fillsafat, sedangkan fiosofis adaah cara berfikir secara filsafat. Filsafat memilliki banyak fungsi dalam bidang akademik tetapi filsafat juga bisa menjadi cara pandang dan metode yang melandasi semua illmu pengetahuan. Dalam buku ini juga dikatakan bahwa perubahan seseorang ditentukan  dari perubahan cara berfikir. Pola dan cara pikir yang baik, indah dan benar akan menentukan perkataan dan perbuatan yang baik dan indah pula.

Buku ini memberika pandanagan terkait implikasi filsafat umum. Filsafat umum sangat diperlukan kehadiranya dalam perkembangan IPTEK saat ini yang ditandai dengan menajamnya spesiaisasi illmu pengetahuan. Selain itu fillsafat memberikan kebiasaan, untuk memandang dan meecahkan masalah sehari-hari, sehngga diharapkan dapat membendung egoisme dan ego sentrisme yang hanya mementingkan diri sendiri. Filsafat juga memilliki pengaruh yang besar dalm dunia pendidikan karena ise-ide fisafat dalam pendidikan mengandung nilai-niai esensial yang mengarah pada tujuan pellaksanaan pendidikan. Dari zaman ke zaman, dari tahun ketahuan filsafat tentu mengalami perkembangan mulai dari cara pandang tokoh-tokoh dalam mengkaji filsafat. Dalam revolusi industri perkembangan illmu pengetahuan sangat cepat dan akan membawa banyak perubahan dengan segala konsekuensinya.

KELEBIHAN BUKU DAN PUJIAN

Buku ini disampaikan dengan bahasa yang mudah di mengerti, Buku ini juga sanagt relevan untuk di kaji seorang mahasiswa karena dalam buku ini juga mengajarkan cara berfikir secara kritis, jernih, menalar secara jernih dan mengembangkan semangat dalam bertoleransi. Kemudian dalam buku ini juga mengupas tuntas tentang manusia. Semoga dapat membantu dalam berbagai hal dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari.

KEKURANGAN BUKU DAN PUJIAN

Kekurangan Dalam buku ini bisa dibilang sangat minimal sekali, walaupum hanya sedikit kesalahan dikhawatirkan dapat menganggu kenyamanan si pembaca, hanya saja kurangnya ilustrasi atau gambar dalam bacaan sehingga dapat membosankan si pembaca dan ada beberapa kata yang sulit dipahami.

 

 

 

   

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar