Oleh: Amanda Fathin Furroyda

Mungkin teman-teman bertanya-tanya kenapa di jenjang sekolah MI/SD tidak ada guru khusus BK, sedangkan pada jenjang SMP dan SMA terdapat guru BK?

Pada jenjang SMP dan SMA, anak-anak sedang mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon yang belum stabil ini menyebabkan anak mengalami krisis mental yang berdampak pada suasana hati dan perilakunya. Sehingga pada usia tersebut sangat membutuhkan guru khusus untuk membimbing agar perubahan-perubahan yang dialami remaja menuju pada kegiatan yang positif.

Lalu bagaimana dengan jenjang MI/SD?, Apakah anak usia tersebut juga membutuhkan BK?.

Tentu saja jawabannya adalah, iya. Pada jenjang MI/SD juga  harus ada guru BK.

Bimbingan konseling sangat dibutuhkan untuk menyediakan layanan dalam pendidikan dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa. Selain itu guru BK juga memiliki peran untuk membimbing dan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuannya, membimbing siswa dalam belajar untuk mencapai prestasi yang maksimal, serta membantu siswa menggali potensi yang ada pada dirinya dan mengarahkan langkah apa yang harus ditempuh untuk mengembangkan potensi anak.

Namun pada realita lapangan, masih jarang ditemui guru khusus konseling di MI/SD. Dengan alasan jika pada jenjang MI/SD masalah yang dihadapi siswa belum terlalu berat dan masih mudah mengarahkan anak melakukan hal positif. Sehingga tugas-tugas BK tersebut dialihkan pada guru kelas.

Ini menjadi tugas guru kelas lagi bagaimana bisa bersikap profesional dalam merangkap semua pekerjaan yang sudah diembannya. Butuh atau tidak dibutuhkannya guru khusus BK menjadi kebijakan setiap sekolah masing-masing

Namun yang perlu kita perbaiki adalah adanya ketidakoptimalan dalam membimbing siswa merupakan dampak dari banyaknya pekerjaan yang harus diemban oleh guru kelas. Hal ini menjadi salah satu alasan perlunya guru BK pada jenjang pendidikan dasar. Selain itu guru khusus BK adalah tenaga profesional yang belajar secara khusus untuk melakukan pelayanan BK. Tentunya dengan ini BK sangat mumpuni untuk membantu siswa baik secara akademik atau menyelesaikan masalah.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar