Temanggung, TABYUNA.com - Pada hari Senin,19 Desember 2022 pukul 08.00 WIB Mahasiswa KKN INISNU Kelompok 6 yang beranggotakan tiga belas mahasiswa bertempat di Desa Purborejo Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung melakukan review laporan KKN bersama lembaga LP2M bersama reviewer bapak M. Fadholi Al Hakim. Dalam pelaksanaannya mahasiswa dari satu-persatu mempresentasikan program yang akan dilakukan pada saat kegiatan di lokasi KKN. 

Setiap Mahasiswa mempunyai program kerja yang berbeda-beda tentang penanganan dan pencegahan stunting, salah satu mahasiswa yang mengangkat judul program “Pendampingan Pengolahan Sampah Anorganik (PESAN) Melalui PKK Untuk Meningatkan Ekonom di Desa Pesingan” yang dimana program ini membahas tentang ecobric. Ecobric merupakan botol plastik yang di isi limbah non biologikal untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Rencananya ecobrik tersebut dibuat dari botol plastik yang diisi dari limbah plastik kemudian dipotong kecil-kecil yang nantinya akan dibuat menjadi meja dan kursi. Menurut bapak M. Fadhloli Al Hakim. siapapun yang mengangkat judul tentang sampah nantinya diharapkan dapat menghasilkan nilai ekonomi. Begitu juga dengan ecobric, ecobric diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. 

 

Dalam review laporan proposal bapak M. Fadholi Al Hakim menyampaikan bahwa dalam pembuatan program kerja mahasiswa diminta untuk setiap program kerjanya harus ada yang berhubungan langsung dengan penanganan dan pencegahan stunting. 

Pencegahan dan penanganan stunting ada berbagai macam cara seperti yang dilakukan mahasiswa KKN kelompok enam yaitu kelompok Purborejo 2 diantaranya ada program Posyandu Remaja, Lansia Peduli Gizi (LPG), Gizi seimbang bagi ibu hamil dan menyusui, Membuat bank sampah da lainnya. Adanya mahasiswa KKN INISNU ini diharapkan dapat mencegah stunting di Desa Purborejo. Semoga program kerja yang akan dilakukan dapat bermanfaat untuk masyarakat setempat dan dapat berkembang seterusnya. Yang dimulai dari diri kita sendiri dengan menumbuhkan kesadaran diri. Dalam mengembangkan inovasi baru dalam pengolahan sampah sebagai ecobric. Juga meningkatkan
ekonomi masyarakat yang ada di Desa Purborejo khususnya di Dusun masing-masing. Oleh karena itu, butuh inovasi program kerja yang dilakukan oleh setiap mahasiswa dan pematangan proker juga action saat terjun dalam masyarakat di Desa Purborejo khususnya. 

Dalm pelaksanaan proker KKN Tematik tahun ini memang terlalu berat menurut para mahasiswa dan harus kerja extra dalam terjun langsung kemasyarakat dan dapat berpikir cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada untuk dicari solusi yang tepat. Buatlah suatu kenangan yang membekas dalam proker tersebut dalam masyarakat agar dapat bermanfaat bukan hanya saat ini saja tetapi dapat berkelanjutan. (Tb33)

Bagikan :

Tambahkan Komentar