Oleh Refi Putri Azizah

Mahasiswa INISNU Temanggung

Kami tempat untuk menuntut ilmu pertama kali,yang selalu disukai oleh anak-anak apa lagi anak usia dini. Siapa kami ? Kami suka disebut sekolahan .  Kami suka didatangi oleh anak-anak karena tempatku sangat menyenangkan dan banyak permainan untuk pembelajaran. Sekolahku bernama RA Al Muttaqin. Disana menerapkan berbagai media pembejaran,pengelolaan keuangan ,dan lain sebagainnya, yang biasannya dinamakan menejemen sekolahan.

Manajemen sekolah merupakan tindakan pengelolaan dan pengadministrasian sekolah. Manajemen sekolah berarti memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan sekolah. Setiap sekolahan selalu mempunyai tujuan agar membantu pencapaian visi, misi ,tujuan dan progam-program sekolahan.

Tujuan sekolah kami atau visi sekolah Al Muttaqin adalah memiliki kemandirian ,cerdas dan berakhlak Karimah. Untuk membangun sekolah yang baik guru harus meningkatkan kinerja secara efektif dan efisien. Di lembaga  tidak hanya kepala sekolah saja yang selalu di tuntut untuk lebih baik, tetapi guru juga harus bisa bagaimana untuk mengelola pembelajaran di sekolah agar anak anak bisa mencapai tujuan.  Ada berbagai macam menejemen dalam sekolahan seperti, menejemen pembelajaran, menejemen keuangan dan menejemen fasilitas.

Menejemen pembelajaran, menejemen pembelajaran adalah menerapkan pembelajaran yang berbasis kurikulum agar pembelajaran bisa terarah dan teratur. Menejemen pembelajaran pada pendidikan seperti menerapkan pembelajaran yang menerapkan atau sesuai dengan kurikulum. Agar  anak itu berkembang sesuai dengan kriteria pengembangan anak. Penerapan kurikulum terdapat Promes yaitu program semester, sedangkan RKM yaitu Rencana Kegiatan Mingguan dan RKH (rencan Kegiatan Harian).itu yng selalu digunakan menejemen pembelajaran di sekolah RA Al Muttaqin.

Sedangkan menejemen keuangan diperlukan untuk menjaga stabilitas keuangan sekolah agar keberlangsungan pendidikan di sekolah tetap berjalan dan penyerapan anggara pendidikan dapat dikelola secara maksimal. Menejemen keuangan ini harus bisa melayani dengan baik kepada wali murid, itu bisa menambah kepercayaan kepada wali murid untuk sekolah di tempat kami .

Manajemen Fasilitas adalah untuk menangani fasilitas secara tepat dan menyeluruh menyeluruh dan terpadu. Fasilitas bagi manajemen pendidikan itu sangat penting karena pertama kali yang dilihat atau dipandang adalah fasilitas bagaimana cara mendidik ataupun fasilitas-fasilitas lainnya itu bagus atau tidaknya. Maka dari itu manajemen fasilitas sangat penting sekali bagi manajemen pendidikan.

Agar sekolah itu bisa teratur dan saling mendorong dan saling berjuang untuk sekolahan itu baik  biasanya satu bulan mengadakan evaluasi guru agar pembelajaran ataupun yang lainnya berkembang dengan baik.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar