Oleh Imam Dahroni

Peneliti ini membahas tentang inovasi-inovasi kurikulum dalam merdeka belajar merupakan hal yang sangat mendasar sekali bagai dunia pendidikan, kurikulum merdeka belajar ini di gagas oleh sang mentri pendidikan dan kebudayaan Bapak Nadiem Makarim dalam meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia, konsep dalam merdeka belajar sendiri ini untuk mewujudkan peserta didik dalam kemandirian berfikir serta lebih flexsibel dalam berkarya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Kaloran, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi lapangan, dengan cara observasi, wawancara. Informan dari hasil penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam. Inovasi-inovasi yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum merdeka belajar ini sangat beragam yaitu menggunakan media ppt, video pembelajaran, dan konsep lingkungan sekolah yang sangat mudah dipahami oleh peserta didik.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kurikulum, Implementasi Merdeka Belajar

Dalam perkembangan kurikulum pada saat ini sangatlah berinovatif dan berbagai macam cara untuk meningkatkan kualitas para peserta didik dan juga dapat mudah di pahami, dari kurikulum sebelum-sebelumnya sekarang lebih flexsibel dan dapat mengali kemampuan per individu peserta didik dan tidak saklek dengan apa yang sudah tercantum pada kurikulum dan rpp, sekarang bisa di modifikasi sedemikian rupa mengikuti lingkungan sekolah agar peserta didik dapat memehami apa yang disampaikan oleh guru. Kurikulum yang baik akan berdampak baik juga terhadap peserta didik, namun juga dengan kemasan yang sangat baik agar kurikulum yang baik juga terdapat hasil yang maksimal.

Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan kurikulum meliputi berbagai tahap pengajaran diantaranya, rencana, metode, perangkat kegiatan, bimbingan, dan penyuluhan untuk mencapai tujuan dan hasil yang maksimal. Guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan merupakan bagian yang sangat berpengaruh besar dalam berlangsungnya proses belajar mengajar. Guru sangatlah penting dalam menentukan materi dan setrategi belajar agar dapat di tangkap oleh peserta didik dan mampu di pahami secara baik dengan tujuan yang jelas. Ada beberapa hal yang harus guru kuasai agar dapat menciptakan pembelajaran yang maksimal yaitu penguasaan materi yang diajarkan, metode pembelajaran sesuai kebutuhan lingkungan sekolah, menjalin hubungan yang baik terhadap peserta didik maupun guru yang lain yang terlibat dalam proses pembelajaran untuk pengembangan kurikulum pembelajaran.

Sedangkan dalam proses belajar mengajar sendiri peserta didik dapat menentukan keberhasilanya sendiri dengan kemampuan yang terdapat dalam diri peserta didik, dalam proses inovasi pendidikan sebagai mata pelajaran yang memiliki tujuan untuk membimbing dan membentuk karakter peserta didik agar menjadi muslim yang berpegang teguh, beramal sholeh, dan berakhlak. Adapun kendala dalam kurikulum merdeka belajar ini di lingkungan sekolah yaitu, belum memiliki kemandirian belajar, keterbatasan referensi, kompetensi skil yang kurang, kurangnya dalam bidang teknologi.

Objek yang menjadi sasaran penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan inovasi-inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar, cara melakukan inovasi atau pembaharuan dalam kurikulum pembelajaran harus membenahi sarana dan psarana dan juga SDM dalam memberikan layanan pendidikan bagai peserta didik di lingkungan sekolah. Sesuai dengan perkembangan zaman pada saat ini bahwa kurikulum dari zaman dulu hingga sekarang selalu mengalami perubahan dan juga pembaharuan, karena hal tersebut kurikulum sebagai pedoman guru dalam melaksanakan kurikulum pembelajaran dengan perkembangan zaman.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar