Temanggung, TABAYUNA.com
- Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peluang dan Tantangan Lulusan PGMI dalam Perekrutan CPNS dan CPPPK”, kegiatan dilaksanakan pada Senin 09 Oktober 2023 pukul 09.00-12.00 melalui zoom meeting. Dalam kegiatan tersebut, PGMI menggandeng pemateri dari PGMI UIN Syahada Padangsidimpuan yakni Asriana Harahap, M.Pd., dan dosen PGMI INSINU Temanggung yakni Farinka Nurrahmah Azizah, M.Pd.

Kegiatan tersebut merupakan wujud realisasi kerjasama yang telah dijalin antara PGMI INSINU Temanggung dan PGMI UIN Syahada beberapa bulan lalu di Cirebon. Sedangkan pemilihan tema sendiri berangkat dari adanya regulasi persamaan PGMI dan PGSD dalam perekrutan CPNS dan CP3K yang belum banyak diketahui oleh mahasiswa dan pendidik MI/SD.

Dalam sambutannya, Kaprodi PGMI INISNU Temanggung, Faizah, S.Pd.I., M.Pd. menjelaskan bahwa pemilihan tema ini salah satunya untuk menjawab banyaknya pertanyaan mahasiswa terkait persamaan PGMI dan PGSD kaitannya dengan perekrutan CPNS dan CP3K, dan ternyata banyak mahasiswa belum mengetahui regulasi terbaru. Selain itu, kebetulan ini adalah bulan-bulan rekrutmen CPNS dan CP3K, harapannya kegiatan kuliah umum dengan tema ini bisa menjadi gambaran dan informasi tambahan bagi mahasiswa, pendidik dan alumni PGMI.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Andrian Gandi Wijanarko, M.Pd. sekaligus sebagai keynote speaker menjelaskan bahwa kegiatan dengan tema ini sangat mendukung sekali bagi mahasiswa, alumni PGMI serta guru MI/SD untuk memantapkan sekaligus memantaskan dirinya dalam menghadapi perekrutan CPNS dan CP3K. Selain itu, di akhir sambutan beliau memberikan motivasi kepada mahasiswa agar bangga telah menjadi bagian dari prodi PGMI.

Selanjutnya, Asriana Harahap, M.Pd selaku pemateri pertama memberikan penjelasan bahwasanya salah satu perbedaan dan persamaan antara PGMI dan PSGD terletak pada mata kuliah. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di PGMI diajarkan juga di PGSD, yaitu 5 (lima) rumpun mata pelajaran wajib SD (PKn, Bahasa Insonesia, IPA, IPS, dan Matematika), perbedaannya PGMI memiliki penciri rumpun mata pelajaran PAI yang juga diajarkan di bangku perkuliahan yaitu Akidah Akhlak, Fikih, Al-Qur’an Hadist, dan SKI.

Lanjut beliau menambahkan, bahwasanya prodi PGMI membekali ilmu umum sekaligus ilmu agama yang menurutnya lebih unggul dari PGSD. Beliau juga memberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal TWK, TIU, TKP yang harus diselesaikan dalam 100 menit, juga memberikan tips lulus CPNS dan CP3K yang beliau singkat 3B (belajar, berdoa, bernadzar).

Pemateri selanjutnya, Farinka Nurrahmah Azizah, M.Pd. menjelaskan regulasi persamaan PGMI dan PGSD salah satunya PMA No. 36 Tahun 2016 jo PMA No, 38 Tahun 2017 tentang gelar akademik yang menyamakan gelar S1-PGSD dan S1-PGMI.

Beliau juga menjelaskan beberapa permasalahan umum yang terjadi adalah Paradigma bahwa lulusan PGMI hanya akan mengabdi di MI, meski kurikulum PGMI dan PGSD sama. Salah solusi yang disampaikan adalah Menyelaraskan pehaman bersama stakeholder mengenai kesamaan PGMI dan PGSD.

Kegiatan yang dipandu oleh Trifka Dila Fadhilah mahasiswa PGMI INISNU Temanggung tersebut berjalan dengan lancar melalui zoom meeting. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Hamidulloh Ibda, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Kaprodi PGMI INISNU Temanggung, Kaprodi PGMI UIN Syahada, Dosen PGMI INISNU Temanggung, perwakilan PC Maarif NU Temanggung, PC Ma’arif NU Magelang, mahasiswa PGMI INSINU, dan beberapa peserta dari lembaga luar. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar