Temanggung, TABAYUNA.com
- Himpunan Mahasiswa Program Studi (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung menyelenggarakan program kerja sesi keakraban (SIKRAB) dengan tema “Griya Rumaketing Paseduluran Anggayuh Aruming Katresnan” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 pukul 08.00-16.00. Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah ibu Novia Sari Melati S.Pd. Alumni Prodi PGMI INISNU Temanggung dan ibu Faizah S.Pd.I M.Pd. Kaprodi Prodi PGMI INISNU Temanggung dipandu oleh Audia Widyaningrum selaku MC serta Anisatul Halimah dan Deby Arum Sari sebagai Moderator pemateri 1 dan 2.

Kegiatan SIKRAB ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, dibuka oleh MC dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars syubanul wathon dan Mars INISNU Temanggung bersama seluruh peserta SIKRAB. Kemudian dilanjutkan sambutan dari ketua HMPS prodi PGMI, ketua panitia acara dan Perwakilan dari Dema Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung.

Dilanjutkan dengan bedah buku yang berjudul “Pesawat Kertas Adeline” yang disampaikan oleh ibu Novia Sari Melati. Ia menyampaikan tips dan trik Menyusun tugas akhir non skripsi serta sedikit menceritakan proses penyusunan antologi puisi karyanya. Didalam bukunya juga memuat 6 profil pelajar Pancasila yang dibagi kedalam 20 cerita pendek yang ada didalamnya. Selanjutnya diadakan tanya jawab minimal 3 penanya. Penanya pertama menanyakan “Dalam menyusun buku tersebut adakah kendala seperti kehabisan ide?”  disambung penanya kedua yang menanyakan “Apakah didalam tugas non skripsi tersebut bisa membuat produk selain buku?” dan terakhir penanya ketiga menanyakan “Apakah ada sumber lain selain dari bukti nyata semisal anak-anak yang tengah diajarnya?”.

“kendala pasti ada tetapi saat itu pas dengan kegiatan PPL dan KKN jadi disitu saya menemukan ide lagi”. Pertanyaan kedua dijawab dengan “Tentu saja ada, Selain membuat antalogi buku semisal kalian pintar  dalam hal percodingan bisa membuat suatu produk yaitu aplikasi. Dan terakhir untuk menjawab pertanyaan ketiga beliau menjawab “mungkin kalua sumber lain yaitu berita, dan literatus yang lain. Terkadang imajinasi seorang penulis juga diperlukan disni seorang pernulis bisa merubah Nasib seorang atau anak yang ada didalam buku tersebut. Dan terkahir disambung dengan diskusi bersama antar peserta dan panitia. Diskusi ini membahas tentang unsur intrinsik yang ada dalam 4 cerita pendek yang ada dalam buku.

 

Dilanjutkan dengan sesi sharing session yang disampaikan oleh ibu Faizah, S.Pd.I, M.Pd. yang membahas tentang pengertian PGMI secara luas, kenapa bisa memilih prodi PGMI, Pentingnya  ikut organisasi dan membahas tentang tugas akhir  yang  bisa berupa skripsi,dan non skripsi seperti membuat antalogi cerita ataupun membuat aplikasi. Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Disini terdapat satu penanya yang menanyakan “Lebih diutamakan kuliah atau organisasi?” ibu Faizah menjawab “harus seimbang, organisasi juga penting untuk menambah relasi, penngalaman baru dan juga pengembangan skill tetapi kuliah juga harus tetpa berjalan. Intinya ikut organisasi boleh, akan tetapi waktu kuliah juga jangan diremehkan harus bisa membagi waktu agar tidak berat sebelah”. Lalu terakhir ada foto bersama dan sayonara.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar