Nama: Siti Elisa

NIM:    2223007

Prodi: PGMI Semester 1

Makul: Falsafah Kolaborasi Ilmu

 

FILSAFAT PENDIDIKAN

Manusia, Filsafat dan Pendidikan

 

Biodata

 

Penulis                      : Dr. Jalaludin dan Drs. Abdullah ldi, M.Ed

Cetakan                    : April 2002

Jumlah halaman    : 167

ISBN                         : 979-578-021-2

Desain Sampul       : Samanhudi  

Setting dan layout: J . Asri    

 

Diterbitkan Oleh

Gaya Media Pratama Jakarta

Pamulang Estate Blok F 3 No. 8-9   

Telp. (021) 7413126; (021) – 7407002 Fax. (021) 7413852 Pamulang Ciputat. Jakarta Selatan. Indonesia E-mail.gmpp@indosat.net.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Profil Penulis     : 1. Dr. Jalaludin

Dilahirkan di Belinyu (Bangka), pada tanggal 10 Desember 1942. Beliau lulus SR tahun 1956, SGB Negeri tahun 1959/60, KGA Negri tahun 1964, Sarjana Tarbiyah IAIN 1973 dan S3 bidang pendidikan Islam tahun 1990.

2. Drs. Abdullah ldi, M.Ed

Dilahirkan di Sempan (Bangka) pada tanggal 27 September 1965.  Tahun 1978/79 beliau lulus dari SD, tahun 1982/83 dari SMP,  1985/86 dari SMA,  S1 jurusan Tarbiyah diselesaikan pada tahun 1990 sedangkan program S2 (Master of Education) ditempuhnya di Universitas Tasmania (1994).

Sinopsis

Kata Filsafat/Falsafat, berasal dari bahasa Yunani. Kalimat ini berasal dari kata Philosophia, yang berarti Cinta Pengetahuan, jadi orang yang berfilsafat adalah orang yang mencintai kebenaran berilmu pengetahuan ahli hikmah dan kebijaksanaan.

Sedangkan Filsafat Pendidikan adalah pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat tersebut jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan, maka filsafat pendidikan berusaha untuk menjelaskan dan menerangkan supaya pengalaman bermanusia ini sesuai dengan kehidupan baru. Filsafat Pendidikan mengandung upaya untuk mencari konsep-konsep yang menempatkan manusia ditengah-tengah gejala yang menjelaskan berbagai makna yang menjadi dasar dari konsep-konsep pendidikan dengan aspek-aspek tumpuan perhatian manusia.

 

Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan

Merumuskan secara tegas sifat hakikat pendidikan (The nature of Education)

Merumuskan sifat hakikat manusia sebagai subjek dan objek pendidikan

Menjelaskan secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan.

Merumuskan hubungan antara filsafat pendidikan dan teori pendidikan

 

Jadi kesimpulannya bahwa yang menjadi ruang lingkup filsafat pendidikan itu ialah semua aspek yang berhubungan dengan upaya manusia untuk mengerti dan memahami hakikat pendidikan itu sendiri yang berhubungan dengan bagaimana pelaksanaan pendidikan yang baik.

Kemudian hubungan antara filsafat dengan filsafat pendidikan yaitu filsafat menerapkan ide-ide dan idealisme, sedangkan pendidikan merupakan usaha dalam merealisasi ide-ide itu menjadi kenyataan tindakan dan kepribadian bangsa.

Kelebihan

Sang penulis mampu membawakan inti dari buku ini dengan bahasa yang mudah di pahami, dan isi buku pun sesuai dengan judul buku.

Kekurangan

Kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula yang menyebabkan penyampaian yang disampaikan buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

Bagikan :

Tambahkan Komentar