Oleh Linda Widiyana

Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung, Pemerhati Pendidikan

 

Assalamu’alaikum wr.wb

Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walafiat dan diberikan rizki yang melimpah. Pada artikel kali ini saya ingin sedikit memamaparkan artikel ilmiah mengenai “Perkembangan Bahasa Usia Anak SD” tentunya kalian sudah tak sabar lagi menunggu pemaparan dari saya mengenai itu jangan risau lagi siapkan minuman dan cemilan untuk menemani anda membaca artikel ini.....

Kita akan masuk pembahasan bahwasanya perkembangan bahasa anak usia di sekolah dasar memang sangat penting di karenakan usia dini harus diajarkan dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh anak. Di dalam sekolah dasar tentunya Guru atau pendidik harus memahami karakteristik setiap siswa yang diajarnya. Karena anak-anak di sekolah dasar  masih tergolong usia dini, apalagi di kelas awal, anak-anak yang masih dalam usia dini.

Usia dini merupakan usia yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Pada masa ini, segala peluang yang dimiliki anak harus dipupuk agar dapat berkembang secara maksimal. Setiap orang secara psikologis mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan. Perkembangan fisik dan mental anak. Salah satu tahapan perkembangan mental anak sekolah dasar adalah perkembangan bahasa. Bahasa adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa bisa digunakan secara  lisan, tulisan, maupun isyarat. Dengan bantuan bahasa, semua orang dapat mengenal dirinya sendiri, sesama manusia, lingkungan alam, ilmu pengetahuan dan nilai-nilai moral atau agama.

Seorang anak harus dibimbing dan diarahkan untuk mempelajari berbagai bahasa di masa kanak-kanak. Sebab saat itu ia masih dalam pengawasan orang tuanya. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan seseorang dalam berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain. Mempelajari bahasa yang benar-benar baru untuk anak usia 6-7 tahun saat ia mulai bersekolah. Dengan demikian, perkembangan bahasa anak meningkatkan sarana komunikasi baik lisan, tulisan maupun dengan bantuan isyarat.

Keterampilan berbahasa yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari adalah berbicara. Pada anak usia dini, anak mempunyai keinginan untuk berbicara sebagai sarana sosialisasi. Perkembangan bahasa pada hakikatnya adalah kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Keterampilan bahasa dikembangkan di seluruh sekolah dasar. Siswa sendiri semakin mampu memahami dan menafsirkan bahasa lisan, tulisan, dan bahasa tubuh. Seiring pertumbuhan dan perkembangan anak, kemampuan berbahasanya dimulai dari tingkat yang sangat sederhana hingga ke tingkat yang lebih kompleks. Perkembangan bahasa anak juga dipengaruhi oleh lingkungan. Anak-anak belajar bahasa dengan meniru dan mengulangi kata-kata yang digunakan orang dewasa.

Dalam perkembangan bahasa anak juga terdapat masalah yang dihadapi anak Permasalahan yang dihadapi anak berkaitan dengan perkembangan bahasanya. Tidak atau kurang menguasai keterampilan atau kemampuan berbahasa. Permasalahannya antara lain pengenalan huruf yang lambat, kosa kata, pemahaman bunyi, ketidakmampuan mengucapkan atau melafalkan huruf. Sulit bagi anak yang tidak menguasai keterampilan untuk mengikuti pembelajaran di sekolah. Seringkali terdapat kendala dalam komunikasi yang diterapkan, sehingga komunikasi tidak berjalan lancar.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal menggunakan bahasa lembaga pengajaran resmi mengharuskan anak-anaknya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Bahasa ibu adalah bahasa pertama dan bahasa Indonesia adalah bahasa kedua. Sehingga ada beberapa anak yang kesulitan menggunakan bahasa ibunya lagi karena menggunakan bahasa Indonesia, atau bingung dengan hal lain atau menggunakan bahasa ibu dan bahasa Indonesia secara bersamaan. Sehingga sulit dipahami oleh anak-anak.

Keterampilan bahasa berkembang sepanjang tahun ajaran. Siswa semakin mampu memahami dan menafsirkan bahasa lisan, tulisan, maupun bahasa tubuh. Komunikasi adalah proses atau kemampuan untuk mengirimkan dan menerima informasi. Kebutuhan akan komunikasi mendorong berkembangnya teknologi informasi, sehingga memungkinkan manusia berkomunikasi antar individu dimana saja. Komunikasi adalah sumber kehidupan dari hubungan apapun dan dimanapun.

Dengan adanya perkembangan bahasa anak usia dini akan membuat anak anak tumbuh dan berkembang secara baik dalam berbahasanya. Anak akan lebih mudah untuk memahaminya jika anak sudah bisa mengenal huruf, kosa kata, memahami bunyi dan melafalkan huruf. Anak tidak akan kesulitan untuk menguasai keterampilan untuk mengikuti pembelajaran di sekolah dasar.

Semoga dari pemaparan saya mengenai perkembangan bahasa anak usia SD dapat menambah wawasan bagi khalayak umum  dan terkhusus bagi guru-guru pendidik di seluruh indonesia. Untuk penggunaan bahasa yang benar bagi anak didiknya khususnya di sekolah dasar. Sekian yang dapat saya paparkan semoga artikel ini dapat membawa pola pikir kita menjadi lebih terarahkan untuk kedepannya.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar