Semarang,  TABAYUNA.com - Konferensi Cabang (Konfercab) I Pengurus Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Semarang sukses digelar pada Ahad, 9 Juni 2024, di Pondok Pesantren Riset Al-Khawarizmi I. Acara ini berlangsung dengan khidmat dan sederhana di bawah pimpinan Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) ISNU Jawa Tengah, Dr. Fakhrudin Aziz, Lc, M.A.

Dalam sidang pleno, Dr. Fakhrudin Aziz menyampaikan pentingnya pendataan dan pemetaan potensi sumber daya manusia di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). "NU memiliki sumber daya manusia yang melimpah. Akan tetapi, kendala utama kita yaitu belum mempunyai sebuah database yang dapat digunakan untuk memetakan potensi ini sehingga peran ISNU akan menyebar ke berbagai sektor kehidupan masyarakat," tuturnya.

Ia juga menekankan perlunya melakukan pendataan para sarjana NU dari berbagai latar belakang keilmuan, terutama dari kampus-kampus melalui komisariat ISNU di setiap kampus. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan peran dan kontribusi sarjana NU dalam pembangunan masyarakat.

Dalam konfercab I tersebut, Prof. Dr. Syamsul Ma'arif, M.Ag terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PC ISNU Kota Semarang untuk masa khidmat 2024-2028. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Syamsul Ma'arif menyampaikan pandangannya tentang berbagai isu global yang sedang berkembang, termasuk konflik di Timur Tengah dan krisis lingkungan.

"Isu-isu global yang hari ini sedang berkembang seperti konflik di Timur Tengah mendorong kita para sarjana NU untuk menjaga kondusivitas kehidupan sosial-keagamaan di masyarakat dengan melakukan dakwah Islam rahmatal lil 'alamin di dunia digital," ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa perhatian terhadap krisis lingkungan sangat penting, "Isu global lain seperti krisis lingkungan secara global juga perlu mendapat perhatian kita. Hari ini kita perlu menambahkan satu ukhuwah selain ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah, ukhuwah Basyariah, yaitu ukhuwah Kauniyah (persaudaraan alam semesta)."

Prof. Dr. Syamsul Ma'arif juga menegaskan bahwa ISNU Kota Semarang selama satu periode ini bekerja secara senyap namun konsisten dalam jalur gerakan intelektual sebagai kelompok akademis.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dr. Fakhrudin Aziz, Ketua PW ISNU Jawa Tengah, Abdullah Labib, Wakil Sekretaris PW ISNU Jateng, KH. Imam Mursid dari PCNU Kota Semarang, serta segenap Pengurus Cabang ISNU Kota Semarang.

Dengan terpilihnya Prof. Dr. Syamsul Ma'arif, M.Ag sebagai Ketua PC ISNU Kota Semarang, diharapkan organisasi ini dapat semakin berperan aktif dalam pembangunan intelektual dan sosial-keagamaan di tengah masyarakat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar