Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama istri saat ziarah. (Foto: portal.bandung.go.id).
Tabayuna.com - Daftar makam wali di Bandung Jawa Barat menjadi salah satu tujuan berwisata religi bagi para sarkub atau peziarah dari berbagai daerah. Pencarian tim tabayuna.com memang menemukan sejumlah daftar makam wali atau orang-orang sepuh pendiri Bandung.


Ada banyak orang mencari informasi seputar tempat ziarah daerah Bandung yang memang berbeda dengan Cirebon atau Tasikmalaya. Kemudian juga makam keramat di Bandung, tempat wisata ziarah di Jawa Barat, bahkan juga tempat ziarah katolik di Bandung, makam mahmud Bandung Jawa Barat, tempat wisata islami di Bandung, makam keramat di kota Bandung dan lain sebagainya.

Berikut daftar makam wali di Bandung yang berhasil ditemukan tim Tabayuna.com di bawah ini:

1. Sumur Bandung – Kota Cikapungdung
2. Gunung Cibuni – Cibuni Bandung
3. Wali Habbib Ayyib Muhammad bin Salim Assagaf - Lokasinya terletak di Taman Pemakaman Umum Cibarunai, Sarijadi Bandung
4. Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai pendiri Kota Bandung.
5. Bupati Bandung  Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) - Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah
6. Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika - di Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah
7. Syekh Maulana Muhammad Syafei yang juga dikenal sebagai Pangeran Raja Atas Angin - Lokasinya di di RT 07/RW 07, Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
8. Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah yang terkenal dengan nama Demang Timbanganten (1681-1704)
9. Raden Tumenggung Anggadiredja I yang dikenal Dalem Gordah (1704-1747)
10. Kampung Mahmud - Lokasinya di Bandung

Anda jika ingin ke sana, kalau bisa naik travel, bus, angkutan, gojek atau grab yang mudah dijangkau. Jika Anda rombongan, jangan lupa menginap di hotel, losmen, wisma, atau penginapan murah di sekitar lokasi makam.

Jika pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh, atau berwisata kuliner di sekitar Bandung. Sebab, Bandung sangat kaya akan wisata kulinernya selain kaosnya. (Tb4).

Bagikan :

Tambahkan Komentar