Yogyakarta, TABAYUNA.com - Gubenur Ganjar Pranowo membuka pengukuhan pengurus baru Ikatan keluarga Pelajar Mahasiswa Jawa Tengah-Yogyakarta periode 2018-2019 di Gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.  Dalam acara tersebut beliau memberikan arahan kepada pengurus baru yang akan dikukuhkan.

Dalam rangkaiannya selain dilaksanakan pengukuhan pengurus juga dilaksanakan Forum Silaturrahmi mahasiswa Jawa Tengah Nasional  yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa Jawa Tengah di beberapa daerah dan Seminar nasional dengan tema “Aktualisasi Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Membangun Daerah berdasarkan Kearifan Lokal”.

Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada pengurus IKPM Jateng serta peserta seminar “Mahasiswa dan pemuda harus pro-aktif terhadap masalah-masalah yang ada di Jawa Tengah”. Salah satu contohnya adalah masalah Pendidikan, kesehatan, dan Ekonomi. Selain itu Ganjar juga berharap peran Mahasiswa dan pemuda untuk memberikan terobosan serta solusi terkait masalah yang ada

Beliau juga berjanji agar bisa membuatkan asrama mahasiswa Jawa tengah di Yogyakarta.

Ketua IKPM Jateng yang baru Iqbal Kholil Rahman mengungkapkan tema pelantikan dan seminar nasional “Aktualisasi Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Membangun Daerah berdasarkan Kearifan Lokal” bertujuan supaya para peserta seminar pada umumnya dan pengurus IKPM Jateng khususnya untuk ikut berperan dalam membangun daerah masing-masing. 

"Pemuda merupakan penerus estafet kepemimpinan negeri ini sudah sepantasnya ikut andil dalam pembangunan daerah," ujarnya.

Seminar Nasional diisi oleh tiga pembicara dari masing-masing latar belakang yang berbeda. Pertama yaitu penyampaian dari kepala Disporapar provinsi Bapak Urip Sihabudin sebagai perwakilan dari Pemprov Jawa Tengah. kedua materi disampaikan oleh Bapak Achmad Uzair, S.IP,M.A,Ph.D Dosen Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai perwakilan dari akademisi. Terakhir materi disampaikan oleh Jadul Maula sebagai perwakilan dari budayawan.

Pelaksanaan seminar nasional dihadiri kurang lebih 280 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai organisasi daerah di Yogyakarta. Peserta seminar nasional terlihat begitu antusias mengikuti jalannya acara dengan mengikuti dari awal sampai akhir.

Dalam acara ini IKPM Jawa Tengah juga melaunching kartu tanda anggota (KTA) IKPM Jateng yang bekerjasama dengan Bank Jateng dan diserahkan secara simbolik oleh Gubrnur Jateng Ganjar Pranowo kepada perwakilan IKPM Jateng. (Tb33/hms).
Bagikan :

Tambahkan Komentar