Oleh: Uli Nurul Fitriyani
Mahasiswi Semester II Prodi PIAUD STAINU Temanggung

Judul Buku : Pembelajaran Berbasis Edutainment
Penulis : Prof.Dr.H.Hamruni,M.Si.
Penerbit : CV.Investidaya
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : Juli 2014
ISBN : 976-602-9073-30-0
Jumlah Halaman : x + 308

Resensi ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Lanjutan yang diampu Hamidulloh Ibda, M.Pd

Gagasan Utama : Metode-metode pembelajaran aktif dan menyenangkan/PAIKEM

Gagasan Tambahan :
PAIKEM adalah konsep yang dirancang agar proses belajar mengajar dilakukan secara holistic dengan mengunakan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu, seperti pengetahuan tentang cara kerja otak dan memori, motivasi, emosi, metakoknisi, dan gaya belajar, sehingga diharapkan bisa menyembatani jurang yang memisahkan antara proses mengajar dan proses belajar.

Alasan umum penulis berharap apa yang didapatkan dalam buku pembelajaran berbasis edutainment bisa member inspirasi bagi kalangan pendidik,termasuk para guru dan dosen, untuk meningkatkan kemampuanya dalam mendesain dan melaksanakn pembelajaran yang menyenangkan (edutainment).

Mengapa pembelajaran harus menyenangkan? karena kondisi (Susana) yang menyenangkan akan membuat pembelajaran menjadi sangat efektif, “learning is most effective wben it’s fun”. Pembelajaran yang menyenangkan adalah proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang akrab, relaks, dan tidak menegangkan.

Para siswa diberikesempatan untuk terlibat dan sekaligus menikmati proses pembelejaran yang nyaman dan kondusif tersebut, bisa diciptakan dengan membuat pola komunikasi yang ramah dan akrab, serta mendasari setiap aktivitas pembelajarn dengan nilai-nilai kasih sayang.

Saya juga sangat setuju dengan adanya PAIKEM karna dengan adanya PAIKEM anak-anak akan termotifasi untuk belajar dengan senang karena dengan melihat cara proses belajar mengajar yang menyenangkan, sehingga anak-anak tidak merasa bosan, tertekan, dan merasa takut .

Pujian tulisan:
Menurut saya tulisan yang terdapat dalam buku pembelajarn berbasis Edutainment sudah bagus dalam penyaipaian, penulisan juga cukup singkat dan mudah untuk dipahami.

Bagikan :

Tambahkan Komentar