Ilustrasi: Salah satu festival kopi Temanggung yang sukses digelar.

Temanggung, TABAYUNA.com – Meski masih lama, Festival Kopi Temanggung 2018 sudah disiapkan oleh panitia yang diinisiasi oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Cabang Temanggung. Mereka menilai, bahwa menduniakan potensi lokal sebagai penarik pundi-pundi ekonomi bisa dilakukan dengan festival tersebut. Salah satu potensi besar itu adalah kopi, sebagai produk lokal yang kian hari makin diminati pasar.

Hal itu ditangkap HIPMI Temanggung, melihat kata Java sebagai kata resmi pengganti  secangkir kopi menandakan bahwa kopi yang berasal dari tanah jawa telah menjelajahi dunia. Dataran  tinggi nan subur menjadi kombinasi yang sempurna yang sulit ditandingi Negara penghasil kopi lain. 

Aroma legendaris tembakau Temanggung yang termasyhur, mocca, nangka, dan buah segar lain sering menyertai kopi dengan  body yang tebal. Tak  ayal akhir akhir ini special taste Kopi Temanggung menjadi idola penikmat kopi dan berprestasi di Festival Nusantara dan Festival Kopi dunia.

Dimulai dari semangat petani kopi Temanggung belajar memahami arti penting sebuah kualitas kopi, para penggemar segala macam kopi membuat desain, tulisan, lagu lagu, serta entrepreneur masalah perkopian, hingga budaya Ngopi Bareng menjadi life style di Temanggung tercinta ini.

Melirik dari keadaan yang ada ini, HIPMI Temanggung telah sadar bahwa Potensi Kopi Temanggung  merupakan salah satu prioritas pembangunan yang tidak boleh dikesampingkan karena mempunyai para effek yang luar biasa besar di Temanggung utamanya dalam hal memacu entrepreneurship dikalangan pemuda, meningkatkan kualitas dan daya saing Kopi Temanggung, serta pada muaranya adalah ikut berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan petani Temanggung.


Salah satu kegiatan sosial yang diselenggarakan adalah Festival Kopi Temanggung dan Tahun ini adalah Festival Kopi keempat yang akan diselenggarakan pada Tanggal 1 Oktober  2018 di Gedung Pemuda.

"Kegiatan selama tiga hari tersebut akan menampilkan produsen kopi  dengan berbagai model kemasan dan rasanya, Pengrajin kopi dengan alat alatnya, pengusaha kopi, buyer dari perhotelan dan resto,  pemerhati serta penikmat kopi untuk bersama sama menciptakan satu visi  dan mempertanggungjawabkan bahwa Temanggung adalah benar benar syurganya kopi," kata Mukhtar Hadi Purwanto, SE, Ketua BPC Hipmi Temanggung dalam siaran pers yang diterima Tabayuna.com, Jumat (6/4/2018).

Berbagai kegiatan seperti pentas tari kopi, pelatihan  roasting, pelatihan penyeduhan kopi, sarasehan sesepuh kopi  Temanggung, sharing SOP perkopian, berikut lomba cita rasa kopinya akan disajikan dalam kegiatan tersebut sambil dihibur oleh live music yang disajikan oleh panitia. 

Selain kopi, kata Mukhtar, dalam kegiatan ini pula akan ditampilkan Tembakau dan produk kreatif asli Temanggung serta perwakilan UMKM Unggulan khas Temanggung sebagai manifestasi kepedulian hipmi dalam ikut mempromosikan ke-khas-an Temanggung kepada masyarakat luas.

"Untuk itu, Hipmi  mengajak semua fihak tidak berhenti berharap dan membuat langkah nyata semoga semua orang tahu kopi Temanggung, menjadikan kopi sebagai oleh oleh khas  istimewa dari Temanggung untuk semua keluarga, menjadi minuman yang istimewa mengisi gaya hidup mereka," beber dia. (tb44/hi).
Bagikan :

Tambahkan Komentar