Ilustrasi: Para mahasiswa-mahasiswi

Oleh: Ari Masrokhah
Mahasiswi Prodi PIAUD STAINU Temanggung
Tugas: Teks Pidato Mata Kuliah Bahasa Indonesia Lanjutan yang diampu Hamidulloh Ibda


Assalammu’alaikum Wr. Wb
Kemuliaan dan kemajuan suatu bangsa dan umat itu dimulai dari ilmu pengetahuan yang mereka miliki, seperti yang difirmankan Allah dalam Q.S Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya "niscaya Allah akan meninggikan orang - orang yang beriman diantaramu dan orang - orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan".

Para mukmin dan alim akan mendapatkan kemuliaan yang agung disisi Allah, karena ilmunya. Manusia mana yang tidak ingin mulia disisi Allah?. Derajat ini bisa kita raih dengan belajar dan mendalami ilmu - ilmu dari Allah, kemudian kita amalkan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Kemuliaan orang yang berilmu bagaikan bulan purnama yang menerangi malam yang gelap gulita. Begitu pula bagi orang yang berilmu yang akan menjadi penerang bagi masyarakat dan seisinya. Tidak bisa dimungkiri bahwa menuntut ilmu itu wajib hukumnya, seperti hadis yang
طلب العلم فر يضة عل كل مسلم
Yang artinya : “menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”.
Dari sabda Nabi diatas, dapat disimpulkan bahwa kita sebagi muslim wajib untuk menuntut ilmu. Ilmu yang kemudian akan kita dapatkan, bisa digunakan sebagai penerang bagi masyarakat. Penerang bagi masyarakat yang dapat juga diartikan, kita harus bisa memimpin dan menyelesaikan permasalahan yang sudah, sedang, bahkan yang akan terjadi di dalam masyarakat. Melalui ilmu tadi kita akan diangkat derajatnya, sesuai firman Allah Q.S. Al-Mujadalah ayat 11 diatas.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb
Bagikan :

Tambahkan Komentar