Temanggung, TABAYUNA.com – Bertempat di Pendopo Pengayoman Temanggung, sastrawan-sastrawati Temanggung yang tergabung dalam Keluarga Studi Sastra 3 Gunung (KSS3G) mengadakan peluncuran antologi puisi progo 5 serta Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan tema Merawat Potensi Kearifan Lokal Melalui Sastra, Sabtu (27/10/2018).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Darmadi M.Pd., anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Denty Eka Widipratiwi S.E., M.A., serta sederet tamu undangan, dan peserta dari berbagai instansi baik dosen, mahasiswa, pelajar dan guru se eks Karesidenan Kedu.

Dalam kegiatan itu, anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Denty Eka Widipratiwi S.E., M.A., merasa terharu karena ia membacakan puisi. "Ini adalah pertama kali saya membaca puisi seumur hidup, apalagi disaksikan oleh sastra budayawan Temanggung", tandas bu Denty ketika diminta mengisi parade puisi.

Banyak  yang terlontar dari harapan para pecinta sastra agar melalui puisi isi sastra mengakar budaya. Acara ini didukung oleh teater SMA 1 Temanggung juga seni tari dari SMA 2 Temanggung, dengan salah satu tari bernama Songgo Ilmu menjadi gerbang penyerahan buku Progo 5 kepada Balai Bahasa Jawa Tenggah.

Rangkaian acara berjalan dengan nuansa haru, romantis, juga dengan semanggat yang membara.

Kegiatan tersebut, usai peluncuran buku, dilanjutkan Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia yang disampaikan Iin Inayatai Istiyana, S.S, M.Hum dari Balai Bahasa Jawa Tengah dan Darmadi, M.Pd Kepala Dindikpora Temanggung dengan moderator Tri Sadono, S.Pd., M.Pd. (Tb33/Nurjanah).
Bagikan :

Tambahkan Komentar