Peringati Harlah Madrasah Ke-93 Tahun, Alumnus MA NU TBS Kudus Siapkan Beragam Kegiatan
Kudus, TABAYUNA.com - Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Tasywiquth Thullab Salafiyah (MA NU TBS) Kudus genap berusia 93 tahun pada 16 Februari 2019 mendatang. Menjelang satu abad, ribuan alumni yang tergabung dalam Ikatan Santri Abiturien (Iksab) pun telah menyiapkan beragam agenda untuk menyemarakkan peringatan hari lahir MA NU TBS.

Ketua Panitia Harlah Moh Saiqul Karim mengatakan sebulan menjelang acara puncak diawali dengan aneka macam perlombaan diantaranya logo harlah madrasah yang ke 93 tahun dengan peserta seluruh Indonesia dan resensi buku berjudul “Dalil Sejarah TBS”.

“Sayembara desain logo sudah ditutup 25 Januari lalu. Adapun lomba resensi buku baru akan kami umumkan pemenang pada 14 Februari nanti dengan hadiah jutaan rupiah,” terangnya Selasa (04/02/2019)

Dikatakan Saiqul Karim, acara bertema keagamaan dalam rangkaian harlah juga dikonsep serba 93 tahun seperti khataman alquran dengan melibatkan sebanyak 93 orang penghafal alquran (hafidz).Kemudian lanjut Karim, pada acara puncak 16 dan 17 Februari mendatang tersaji nasi tumpeng sejumlah 93 buah.

Ia menambahkan, sesuai tradisi nadhliyin sebelum sajian nasi tumpeng disantap bersama dibacakan pula manakib dan 93 kali hizib autad yang diberi tema besar “Tumpeng Warisan Wali untuk Dunia Harmoni”. Tema itu kata Karim, sengaja diusung mengingat  banyak tragedi dan bencana yang belakangan terjadi di Indonesia terlebih menjelang Pileg dan Pilpres 2019 agar berlangsung damai, aman, serta kondusif.

“Siangnya pada 16 Februari bertempat di areal parkir gedung MA NU TBS digelar pula temu kolektor sekaligus pameran berisi dokumen bukti sejarah madrasah. Rencana sebanyak 5000 manuskrip dipertontonkan kepada pengunjung,” ujarnya

Lebih lanjut Saiqul Karim menjelaskan, selain acara sifatnya internal alumni kegiatan untuk masyarakat luas juga telah disiapkan panitia melalui pengajian umum sekaligus ajang bagi para alumni yang tinggal di luar Kota Kudus maupun teah berkarir di luar negeri agar dapat mengikuti peringatan harlah.

Saiqul Karim menyebutkan sebagai penghargaan kepada Sunan Kudus yang selama ini dikenal dengan mengkampanyekan konsep Gusjigang atau kepanjangan dari bagus, pintar mengaji dan berdagang panitia juga telah menyiapkan sesi khusus mengikaji hal itu dengan melibatkan ratusan pebisnis start up digital dari Kudus juga daerah sekitar.

“Santri Kudus atau ilmuwan maupun akademisi yang pernah meneliti Sunan Kudus pasti tidak asing dengan konsep Gusjigang. Nah, bertepatan harlah ke 93 tahun MA NU TBS kami juga telah mengagendakan semacam seminar soal itu terutama konteks kekinian di zaman digital,” jelas dia. (Tb44/Hrs)
Bagikan :

Tambahkan Komentar