Ilustrasi Liputan6.com

Oleh : Indah Sri Wahyunita

Apa itu jilbab? Dalam bahasa Arab : ﺟﻠﺒﺎﺏ  adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim . Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab .

Kenapa sebagai perempuan kita harus berjilbab? Banyak dari mereka menjawab BERJILBAB ITU WAJIB, sebagai muslimah yang baik kita memang di anjurkan untuk yang namanya berjilbab. Ada pula ayat yang membenarkan seorang muslimah itu wajib menggunakan jilbab, sesuai dengan salah satu ayat surah An-Nur 24:31, yang berbunyi:

Artinya : “ Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya, dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita... (QS an-Nur [24]: 31)

Apa manfaat jilbab itu sendiri?
Beberapa manfaat jilbab:
1. Melindungi rambut dari sengatan panas matahari dan debu serta polusi.
Dengan menggunakan jilbab kita tidak cemas dengan rambut kita, karena rambut kita sudah dilindungi oleh jilbab kita. Dan kita juga tetap bisa percaya diri, dengan jilbab rambut tidak awut"an serta terhindar dari panas matahari.

2. Wanita yang berjilbab tidak akan menjadi korban pandangan pria-pria nakal.
Sebagai perempuan saya merasakan sendiri jika benar kalau kita berjilbab laki laki akan menghormati kita, saat dijalanpun kita tidak akan di goda juga dipanggil oleh seorang laki-laki. Coba saja kita berjilbab maka banyak sekali laki-laki yang memanggil kita dijalan, juga menggoda kita, entah untuk apa mereka menggoda kita. Dengan jilbab maka kita sebagai perempuan akan dihormati.

3. Menggunakan jilbab, maka akan menutupi aurat yang tidak diperbolehkan untuk dilihat orang lain, kecuali mahram.
Sebagai muslimah yang baik kita dianjurkan untuk berjilbab, jika aurat kita terlihat oleh orang lain yang bukan mahram maka hukumnya haram.

4. Jilbab yang berukuran panjang bisa membantu menutupi tubuh saat sedang menyusui si buah hati di tempat umum. Nah, sebagai ibu yang baik kita diuntungkan oleh jilbab, bayangkan disaat anak kita menangis di tempat umum, mau tidak mau kita harus menyusuinya. Jika tidak kasian anak kita. Bukankaj jilbab benar-benar bermanfaat?

5. Jilbab bisa mencegah kulit jadi kusam dan kering yang dikarenakan badan kamu akan tertutup kain yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sebagai hijabers yang suka travelling ini jilbab benar-benar bermanfaat banget kan. Dengan jilbab kita tidak khawatir dengan paparan sinar matahari yang membuat kulit kita kusam, bener nggak?

6. Mencegah bakteri masuk ke daerah kepala dan leher. Dengan jilbab sinar matahari yang membuat kulit kita kusam aja lewat, apalagi bakteri serta kuman yang masuk ke daerah kepala dan leher pun juga susah masuk.

Nah, itu tadi adalah beberapa manfaat jilbab bagi kita sebagai remaja, anak sekolah, dan pula ibu. Dengan jilbab maka hari hari kita menyenangkan. #akubanggaberjilbab

Bagikan :

Tambahkan Komentar